web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Rhoma Irama Manggung di Bogor, Ridwan Kamil Sebut Pelanggarannya Banyak

Rabu, 1 Juli 2020 14:20 WIB Nur Khansa Ranawati

Rhoma Irama (Instagram/@rhoma_official)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jabar Ridwan Kamil angkat suara soal kegiatan khitanan di Kabupaten Bogor yang menggelar panggung musik dangdut salah satunya diisi Rhoma Irama.

Dia menilai, banyak pelanggaran yang terjadi dalam situasi tersebut.

Ridwan Kamil menyebutkan, pelanggaran tersebut antara lain seperti mengumpulkan kerumunan massa bahkan hingga berdesakkan. 

Dia menjelaskan, seharusnya panitia penyelenggara acara yang juga mengundang Rhoma Irama sebagai bintang tamu tersebut dapat mengantisipasi kerumunan.

"Kejadian di Bogor ini pelanggarannya banyak. Mengumpulkan massa yang besar, desak-desakan, teriak dan sebagainya. Itu seharusnya sudah diperhitungkan, yang namanya musik di luar pasti emosi warga terbawa dengan apapun hiburannya," ungkapnya di Mapolda Jabar, Bandung, Rabu (1/7/2020).

Dia menilai tindakan yang dilakukan pihak kepolisian untuk membuktikan ada tidaknya unsur kesengajaan dalam kegiatan tersebut sudah tepat. Selain itu, dia juga mengapresiasi tindakan yang dilakukan Bupati Bogor yang berencana melakukan rapid test.

"Kemudian bu bupati (Ade Yasin) juga menyampaikan akan melakukan rapid test, saya kira itu prosedur yang benar," ungkapnya.

Ridwan Kamil juga berharap peristiwa tersebut dapat dijadikan pelajaran bagi seluruh pihak agar tidak kembali terulang. Seluruh kegiatan yang akan diselenggarakan di suatu wilayah harus mengacu pada protokol kesehatan yang ketat juga aturan yang berlaku di masing-masing daerah.

"Kalau di setiap ada kerumuma harus dilakukan rapid test kan repot. Itulah poinnya, kasihanilah kami yang sedang mengatur proses ini dengan sebaik-baiknya, saya kira ini pelajaran buat semua orang," ungkapnya.

"Tolong yang lain jangan mengulangi dan meniru. Harus selalu meminta izin dengan jelas terkait protokol kesehatan," jelasnya. 

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel lainnya

dewanpers