web analytics
  

4 Makanan Lezat Ini Bikin Suasana Hati Buruk?

Rabu, 1 Juli 2020 10:24 WIB

Kentang goreng. (Mona El Falaky/Pixabay )

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Sejumlah makanan manis bisa menyebabkan lonjakan gula dan meningkatkan suasana hati. Efeknya kemudian bisa memicu lesu, kecemasan, dan lekas marah saat lonjakan gula menurun.

"Konsumsi makanan berlebih dan tinggi gula secara berlebihan dapat memengaruhi suasana hati secara negatif, tetapi makan hanya satu kue dapat memberikan kesenangan dan kenyamanan bagi beberapa orang," kata Claudia Smith, terapis nutrisi di Inggris pada Huffpost.

Dilansir dari Huffpost, berikut 4 makanan yang bisa membuat Mood atau suasana hati Anda memburuk.

1. Soda

Soda mengandung gula yang bisa diserap tubuh dengan cepat. Hal itu menyebabkan lonjakan gula diikuti oleh kelesuan yang parah. Namun, mengganti soda Anda dengan soda rendah gula juga bukan solusi. Pemanis seperti aspartam yang terdapat dalam soda sering dikaitkan dengan risiko kecemasan dan depresi.

Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan hubungan antara minuman manis dan depresi di antara orang dewasa yang lebih tua. Air dan teh adalah alternatif minuman yang lebih baik dari minuman lainnya.

2. Kafein

Tai Ibitoye, seorang ahli diet merekomendasikan untuk minum lebih sedikit kopi dan teh yang berkafein dengan kopi tanpa kafein.

Menurut Medical Daily, minuman berkafein seperti kopi menyebabkan otak melepaskan dopamin dan serotonin. Minuman ini baik-baik saja dalam dosis kecil, tetapi terlalu banyak dapat menyebabkan iritabilitas, agitasi, dan kecemasan.

3. Makanan Panggang

Makanan panggang seperti biskuit dan kue bisa memperburuk suasana hati karena gula di dalamnya bisa dengan cepat terurai menjadi glukosa dan dapat memicu lonjakan dan kehancuran gula darah.

Berita baiknya, mengurangi asupan makanan yang dipanggang dapat menghasilkan peningkatan Mood yang cepat.

"Cobalah mengurangi konsumsi gula seperti kue, biskuit, minuman manis atau pemanis selama beberapa hari dan perhatikan bagaimana perasaan Anda," kata Smith.

"Efek menguntungkan kerap dapat dirasakan dengan sangat cepat, bahkan dalam beberapa hari," tuturnya.

4. Kentang Goreng

Kentang goreng penuh lemak jenuh, karbohidrat olahan, dan garam berlebih. Berbagai hal tersebut membuat lonjakan dan tabrakan energi. Hal tersebut bisa berakibat buruk  pada suasana hati dan kelelahan.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers