web analytics
  

Kampung Pelosok Gunung Halu Butuh Program Listrik Gratis

Selasa, 30 Juni 2020 22:54 WIB Tri Junari

Warga mengisi token listrik. (Irfan Al-Faritsi)

GUNUNG HALU, AYOBANDUNG.COM -- PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat bergerak cepat melakukan pengecekan lokasi untuk mengetahui langsung kondisi jaringan listrik warga pelosok Kampung Garunggang Hilir, RT 03 RW 21, Desa Sirnajaya, Kecamatan Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang ditengarai belum memiliki listrik gratis.

Supervisor perencanaan Listrik Desa Unit Pelaksana Proyek Kelistrikan (UP2K) PLN UID Jabar Hary Kristianto menerangkan, setelah pihaknya melakukan pengecekan lokasi dan tanya jawab dengan warga Kampung Cigarunggang diketahui jika di jaringan listrik sudah masuk.

Namun, dari 21 kepala keluarga yang bermukim di kampung tersebut baru 3 rumah memiliki meteran. Dari 3 meteran itu jaringan listrik dibagi kepada seluruh warga kampung. 

"Jaringan listrik sudah ada, namun memang tidak semua kepala keluarga sudah memiliki meteran. Sehingga dari 3 meteram itu dibagi ke 18 rumah," ungkapnya usai melakukan pengecekan langsung di kampung itu, Selasa (30/6/2020). 

Dari sisi jangkauan jaringan, tiang listrik terdekat berjarak 600 meter dari kampung. Untuk itu pihaknya akan mengusulkan penambahan 12 tiang beton sebagai bagian penarikan dan perluasan jaringan.

Pengadaan tiang diprediksi baru bisa terealisasi pada tahun depan karena masih terkendala kebijakan Covid-19. Ia juga memastikan jika pandemi reda pengadaan tiang bisa segera dilakukan setelah ada persetujuan PLN pusat.

"PLN akan mengusulkan penarikan jaringan dan tiang, kemungkinan tahun 2021 bisa terealisasi setelah pandemi berakhir," katanya.

Mengenai keinginan warga memiliki listrik gratis, pihaknya memberi saran pemerintah desa menempuh prosedur pengajuan listrik gratis bagi warga tidak mampu kepada kementerian ESDM sesuai ketentuan yang berlaku. 

"Bagi warga yang mampu bisa melakukan pengajuan pelanggan baru kepada PLN, kalau tidak prosedurnya mengajukan pemasangan listrik gratis kepada Kementeriam ESDM dari pemerintah setempat," terangnya.

Ditempat sama, Manager Jaringan PLN UP 3 Cimahi, Pilih Kondang Paramarta memastikan jika jaringan listrik sudah menjangkau masyarakat pelosok Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat. 

Adanya masyarakat yang belum memiliki listrik biasanya dipengaruhi berbagai faktor salah satunya ekonomi. Program pemasangan listrik gratis merupakan domain Kementerian ESDM sementara PLN hanya melakukan penyambungan.

"Kami yakin bahwa jaringan listrik sudah menjangkau seluruh wilayah Cimahi dan KBB, masih adanya masyarakat belum memiliki listrik dipengaruhi kemampuan ekonomi dan itu bukan domain kami," sebutnya.

PLN UP3 Cimahi berkomitmen untuk memberikan pelayanan jaringan sampai pelosok dan bersinergi dengan berbagai pihak agar rasio elektrifikasi terus meningkat.

"Prinsipnya kami siap memberikan pelayanan jaringan kepada pelanggan, namun kondisi di lapangan memang butuh sinergitas berbagai pihak," tandasnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers