web analytics
  

Pengunjung Lebih 30 Persen, Tempat Wisata di Cianjur Terancam Sanksi

Selasa, 30 Juni 2020 18:24 WIB Muhammad Ikhsan
Umum - Regional, Pengunjung Lebih 30 Persen, Tempat Wisata di Cianjur Terancam Sanksi, Tempat Wisata di Cianjur,protokol kesehatan covid-19

Tempat Wisata di Cianjur (Muhammad Ikhsan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Cianjur Yudi Ferdiana mempersilahkan pengeloa tempat wisata membuka kembali. Tapi dengan catatan pengunjung tidak boleh lebih dari 30 persen dari kapasitas tampung.

“Kami sudah memberi lampu hijau kepada pengelol tempat wisata di Cianjur untuk membuka kembali, tapi dengan catatan menjalankan protokol kesehatan, salah satunya tidak boleh lebih dari 30 persen dari kapasitas,” kata Yudi Ferdiana pada Ayobandung.com saat dihubungi melalui telepon, Selasa (30/6/2020).

Alasanya jelas, dengan hanya mempersilahkan pengunjung sebanyak 30 persen akan bisa menjaga jarak antar pengunjung atau social distancing. Lantaran penularan Covid-19 ini masih ada dan berbahaya.

“Di kota-kota besar sudah menerapkan seperti itu, terutama mall. Apabila sudah 30 persen, maka pengunjung mall atau toko menahan pengunjung untuk masuk. Begitu pula di Cianjur, harus tetap menjaga jarak,” ujarnya.

Protokol kesehatan lain yang harus dijalankan, setiap pengelola wisata wajib memiliki Tim Gugus Tugas Covid-19 internal. Mereka tugasnya seperti halnya di tingkat kabupaten, tapi dibuat sederhana saja.

“Kita akan meminta pengelola membuat tim gugus tugas Covid-19, artinya nanti mereka ini yang memanajemen di internal,” katanya.

Tugasnya di antarnya setiap orang yang masuk, diwajibkan ukur suhu tubuh. Wajib memakai masker, harus menyediakan tempat pencuci tangan dan masih banyak lainnya.

“Penerapan aturan ini bukan bertujuan untuk mengambat sektor wisata, tapi disaat pandemi Covid-19 semua harus hidup sehat,” pungkasnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers