web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Aktivitas yang Bisa Tularkan Covid-19

Selasa, 30 Juni 2020 16:05 WIB

[Ilustrasi] Virus corona penyebab Covid-19. (PIRO4D/Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Virus Corona sebagai penyebab Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 10 juta orang di seluruh dunia. Para pakar memprediksi angkanya akan terus meningkat, apalagi kini banyak negara-negara yang mulai melonggarkan pembatasan sosial.

Hingga kini, belum tersedia vaksin yang bisa mencegah virus Corona terus menyebar kepada orang lain. Tak cuma vaksin, pengobatan yang tepat untuk penyakit ini pun juga belum ditemukan.

Oleh karena itu, untuk sementara, seluruh negara yang terdampak mengandalkan upaya pembatasan sosial atau lockdown untuk memperlambat penyebaran Covid-19.

Akan tetapi, perlahan beberapa negara sudah mulai melonggarkan lockdown dan mengizinkan warganya untuk kembali ke kehidupan seperti biasa, termasuk aktivitas di luar rumah.

Sayangnya, menurut para pakar, hal ini justru bisa meningkatkan angka kasus Covid-19. menurut Jay Butler, direktur deputi penyakit menular di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, semua orang sudah merasa lelah berada di rumah saja.

"Pandeminya belum selesai, dan penting untuk menyadari hal tersebut," katanya, dikutip dari Medical Daily.

Semua orang harus tetap menjalankan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan mengenakan masker atau face shield saat berada di luar rumah.

Mengetahui bahwa setiap aktivitas yang dilakukan di luar rumah, baik ringan, sedang, hingga berat, bisa berisiko menularkan atau menyebarkan virus Corona sangatlah penting.

Aktivitas ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau makan di luar bisa membuat Anda tertular virus Corona. Jadi, saat berada di luar, tetaplah jaga jarak sejauh dua meter dari orang lain dan hindari benda-benda yang sering disentuh orang lain.

Risikonya akan meningkat apabila melakukan aktivitas seperti piknik bersama teman atau mengunjungi pantai dan kolam renang umum. Aktivitas ini termasuk ringan-sedang dan membutuhkan jaga jarak, mengenakan masker, dan tidak berbagi barang pribadi.

Aktivitas sedang termasuk memotong rambut ke salon dan anak-anak bermain di luar. Cara pencegahannya adalah dengan menjaga agar tetap dalam kelompok orang yang kecil, gunakan masker, dan pastikan kebersihan tangan.

Aktivitas dengan risiko sedang-berat termasuk mengunjungi orang tua dan orang lain yang termasuk dalam kelompok rentan terinfeksi virus Corona. Pergi ke gym atau hotel juga bisa meningkatkan risiko karena droplet yang memiliki virus lebih mudah menyebar di tempat tertutup.

Risiko terberat ada pada aktivitas pesta besar atau perkumpulan di dalam ruangan. Berada di kerumunan dan ruangan yang tidak terventilasi dengan baik membuat sulit menjaga jarak dan droplet berisi virus lebih mudah terpapar pada orang lain.

"Begini aturan mainnya: semakin dekat interaksi Anda dengan orang lain, semakin lama interaksi itu terjadi, dan semakin besar jumlah orang yang terlibat dalam interaksi tersebut, maka semakin tinggi risiko Covid-19 akan menyebar," tandas Butler.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel lainnya

dewanpers