web analytics
  

Nilai Tukar Rupiah Kembali Lesu

Senin, 29 Juni 2020 10:47 WIB

Ilustrasi (suara.com)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Nilai tukar (kurs) Rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan awal pekan ini (29/6/2020) dibuka melemah mengikuti tren akhir pekan lalu.

Mengutip Bank Indonesia (BI) kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor Rupiah melemah cukup dalam dengan turun 130 poin ke level Rp 14.369 dari posisi sebelumnya di level Rp 14.239.

Sedangkan data Bloomberg, nilai tukar Rupiah berada pada level Rp 14.226 per dolar AS atau melemah 6 poin (0,05 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.220 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra sebelumnya mengatakan, pelemahan nilai tukar Rupiah kali ini dipengaruhi oleh kekhawatiran pasar terhadap penyebaran wabah virus covid-19 yang terus meningkat dan second wave memberikan sentimen negatif ke aset berisiko.

Selain itu, pelemahan ini didorong dari permintaan terhadap aset dolar AS sebagai aset aman terindikasi meningkat dengan penurunan tingkat imbal hasil obligasi AS tenor 10 tahun yang sekarang di level 0,635 persen.

 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers