web analytics
  

Mahasiswa UPI Edukasi Pencegahan Covid-19 Ke Masyarakat Drawati, Paseh

Senin, 29 Juni 2020 11:35 WIB Netizen Atep Ramlan Pirdaus

Atep Ramlan Pirdaus adalah salah satu mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia, yang melakukan KKN di tengah Pandemi Covid-19. (Istimewa)

Atep Ramlan Pirdaus

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia.

AYOBANDUNG.COM -- Pandemi Covid-19 mengubah tatanan dunia Pendidikan di Indonesia. Belajar di rumah dengan berbagai keterbatasan fasilitas yang dimiliki mahasiswa menjadi salah satu upaya agar pendidikan tetap berjalan walaupun ditengah pandemi.

Namun keterbatasan ini tidak menyurutkan Universitas Pendidikan Indonesia untuk tetap menggelar KKN (Kuliah Kerja Nyata) bagi mahasiswa pada semester enam (6). Melalui KKN Tematik Pencegahan Covid-19 untuk Mewujudkan Merdeka Belajar yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dalam rangka percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19.

Atep Ramlan Pirdaus adalah salah satu mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia, yang melakukan KKN di tengah Pandemi Covid-19.

Atep melaksanakan KKN Tematik Pencegahan Covid-19 di Kampung Logawa RT 02 RW 05 Desa Drawati, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung.

Menurut Atep, “Baginya KKN kali ini tidak hanya sebagai tuntuan akademik yang harus dituntaskan namun merupakan momen yang luar biasa untuk mengabdi atau berkontribusi kepada lingkungan tempat tinggal, dengan harapan apa yang dilakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat.” 

Kegiatan KKN Tematik yang dilakukannya terfokus terhadap upaya pencegahan, yang bertujuan untuk mendukung upaya percepatan penanggulangan Covid-19.

Kegiatan yang dilakukan antara lain edukasi terkait pencegahan Covid-19 melalui poster dan video, membuat aplikasi edukasi yang dinamai “IndonesiaKu Sehat” dan membagikan alat pelindung diri kepada masyarakat sekitar berupa disinfektan.

Dadang Jukarsa selaku Kepala Desa Drawati Kecamatan Paseh antusias dan mengatakan bahwa dengan kegiatan KKN Tematik Pencegahan Covid-19 yang diselenggarakan dapat meningkatkan upaya pemerintah setempat dalam upaya mengedukasi masyarakat terhadap pencegahan covid-19.

Selain itu, Kusnadi yang merupakan Ketua Rukun Warga merasa terbantu melalui KKN Tematik Pencegahan Covid-19 yang dilakukan oleh salah satu warganya. “Saya mengucapkan terima kasih terhadap upaya edukasi yang dilakukan sehingga dapat menambah wawasan bagi masyarakat terkait pencegahan Covid-19.”

Dr Leni Anggraeni M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan pun mengungkapkan, melalui kegiatan KKN Tematik Pencegahan Covid-19 MMB yang dilaksanakan oleh mahasiswa dengan segala keterbatasannya di tengah pandemik, namun dapat memberikan dampak positif terhadap percepatan penanggulangan Covid-19 melalui gerakan literacy digital dan pendekatan edukasi yang dilakukan oleh mahasiswa bagi masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers