web analytics
  

Make-up di Area Publik Rawan Terjangkit Virus Corona Covid-19?

Sabtu, 27 Juni 2020 12:09 WIB Suara.com

[Ilustrasi] Ber-make-up di tempat umuim. (CihanU44/Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Saat pandemi Covid-19, lebih baik Anda tidak berias atau ber-Make-up di tempat umum. Hal itu membuat Anda rawan terjangkit virus corona.

Droplet, baik makro maupun mikro, yang mengandung virus, dapat menyebabkan seseorang tertular bila kontak dengan area wajah, terutama hidung, mata, dan mulut.

Penggunaan kosmetik pada perempuan paling banyak ditujukan untuk area sekitar mata dan bibir. Bayangkan apa jadinya ketika Anda sedang berdandan di area publik, dan ada droplet yang tanpa sengaja menempel di kosmetik Anda.

Untuk itu, yang terbaik tentu saja berdandan di rumah. Atau, jika Anda membutuhkan touch up, lakukanlah di tempat tertutup, seperti toilet.

Anda juga dapat menerapkan tip yang diberikan dokter spesialis kulit dan kelamin Susie Rendra dari RS Pondok Indah Puri Indah berikut.

Pertama, cuci tangan sebelum menggunakan kosmetik.

"Bila memungkinkan, gantilah kosmetik kita dengan set yang baru bila sudah lama tidak digunakan selama masa work from home kurang lebih selama hampir tiga bulan. Bila tidak memungkinkan membeli yang baru, buanglah lapisan teratas kosmetik sebelum mulai digunakan kembali," kata Susie dalam siaran resminya, Jumat (26/6/2020).

Selanjutnya, pakailah kosmetik selama masih berada di dalam rumah. Sebaiknya, tidak memakai kosmetik di area publik, sebab ada risiko droplet mikro di udara menempel di permukaan kosmetik.

Seperti barang-barang pribadi lainnya, pakailah kosmetik milik sendiri. Jangan meminjamkan kepada orang lain, jangan pula meminjam dari orang lain selama pandemi.

"Kita tidak bisa mengetahui apabila seseorang tersebut ternyata orang tanpa gejala," kata dia.

Anda juga harus rutin membersihkan wadah kosmetik menggunakan sabun atau antiseptik. Bila perlu, bersihkan setiap hari.

Cuci juga kuas dan spons secara berkala agar kebersihannya terjaga. Juga gunakan kosmetik sesuai rentang waktu yang dianjurkan produsen, biasanya berkisar tiga hingga enam bulan setelah wadah dibuka.

"Selalu gunakan kosmetik saat wajah bersih. Hindari touch up kosmetik saat kita di luar rumah dan tidak bisa membersihkan muka terlebih dahulu," katanya.

Bila Anda terinfeksi Covid-19, segera hentikan penggunaan kosmetik.

"Kosmetik dapat kembali digunakan setelah melewati masa hidup virus yang telah kita ketahui. Sebagian orang merasa lebih aman dengan membuang kosmetik lama dan menggantinya dengan yang baru setelah sembuh," tutur Susie.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers