web analytics
  

Begini Protokol Kesehatan di Kolam Renang

Jumat, 26 Juni 2020 18:54 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Begini Protokol Kesehatan di Kolam Renang, kolam renang,protokol kesehatan covid-19

Kolam Renang (Ayosemarang.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Puluhan kolam renang di Kabupaten Bandung akan mulai beroperasi Sabtu (27/6/2020). Namun terdapat sejumlah protokol yang harus diterapkan baik oleh pengelola maupun pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Yosef Nugraha mengatakan, secara umum protokol kesehatan yang diterapkan di kolam renang tidak jauh berbeda dengan tempat wisata lainnya.

"Sebelum masuk harus cek suhu tubuh, cuci tangan, mengenakan masker dan jaga jarak," tutur Yosef, Jumat (26/6/2020).

Jika kunjungan ramai, pembatasan waktu wajib diterapkan di kolam renang untuk menghindari terlalu banyak kerumunan orang.

"Makanya harus ada petugas khusus yang mengawasi masalah waktu ini. Sebenarnya kalau tidak terlalu ramai sih boleh sepuasnya berenang," katanya.

Saat hendak masuk, pengunjung juga diharuskan mengisi formulir biodata. Hal tersebut sebagai antisipasi apabila dikemudian hari ditemukan kasus positif covid-19 dan pernah berkunjung, sehingga petugas bisa melakukan tracking dengan mudah.

Dalam hal jaga jarak, kata Yosef, diatur berdasarkan kedalaman kolam. Di kolam dengan kedalaman 1 meter, maka jarak yang harus dipatuhi adalah 2 meter/orang. Jika kedalaman kolam lebih dari 1 meter, maka bisa terdapar 2 orang.

"Kapasitas juga tetap dikurangi, misal jika kapasitas kolam mampu menampung 100 orang, maka dalam satu waktu hanya boleh ada 50 orang," paparnya.

Yosef berharap agar pengelola kolam renang bisa menerapkan protokol yang telah ditentukan tesebut, jika tidak, maka pihaknya bisa memberi sanksi tegas sampai penutupan aktivitas.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers