web analytics
  

Chat Wabup Minta Transfer Uang pada Warga Hebohkan Sukabumi

Jumat, 26 Juni 2020 11:18 WIB
Umum - Regional, Chat Wabup Minta Transfer Uang pada Warga Hebohkan Sukabumi, Berita Sukabumi,Kabupaten Sukabumi,Penipuan,WhatsApp,Berita Kriminal

Chat mengaku Wakil Bupati Sukabumi. (Tangkapan layar)

SUKABUMI, AYOBANDUNG.COM -- Sebuah pesan WhatsApp berisi permintaan transfer uang diterima warga Sukabumi. Tak tanggung-tanggung, pemilik nomor mengaku sebagai Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono. Ia bahkan menggunakan foto orang nomor dua di Kabupaten Sukabumi itu sebagai profil WhatsApp.

Pemilik nomor atas nama Wabup Sukabumi Adjo Sardjono meminta orang yang dihubunginya mentransfer uang ke rekening BRI. Dikonfirmasi mengenai hal itu, Wabup Adjo Sarjono meminta warga waspada ketika ada yang mengirimkan WhatsApp mengatasnamakan dirinya.

Sebab, kata Adjo, nomor tersebut berniat menipu. Hingga saat ini kata Adjo, belum ada laporan yang menjadi korban karena orang yang menerima pesan langsung curiga. Mengenai upaya melaporkan pencatutan namanya kepada polisi, Adjo menyatakan masih menimbang-nimbang.

"Lihat perkembangan," ujar Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono, singkat kepada Sukabumi Update—jaringan Suara.com—Jumat (26/6/2020).

Sebelum adanya nomor Whatsapp yang mengaku Adjo Sardjono itu, beberapa waktu lalu ada sebuah akun Facebook palsu yang juga mengaku Adjo Sardjono.

Akun Facebook yang mengatasnamakan Wabup Sukabumi Adjo Sardjono mengirimkan pesan atau messenger ke sejumlah akun. Akun tersebut meminta nomor WhatsApp pemilik akun yang dikirimkan Messenger.

"No WA berapa," demikian isi messenger yang dikirimkan akun dengan nama Adjo Sardjono kepada akun yang dihubunginya.

Karena menggunakan foto Adjo Sardjono, akun yang dikiriman messenger ini lantas mengirimkan nomor WhatsApp di dalam percakapan messenger itu. Adapun alasan meminta nomor WhatsApp ini untuk memulihkan nomor WhatsApp pemilik akun Adjo Sardjono.

"Minta waktu nya sebentar minta tolong itu di HPp ada kan msuk sms dari WhatsApp...Berapa kode 6 digit saya tolong kirim balik berapa," tulis akun dengan nama Adjo Sardjono.

Si akun yang sudah mengirimkan nomor WhatsApp ini kemudian mendapatkan sebuah kode yang terdiri dari 6 angka. Enam digit angka itu lantas diberikan kepada akun palsu dengan nama Wabup Sukabumi Adjo Sardjono itu.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers