web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Juara Liga Inggris, Ini Rekor Fantantis Liverpool di Tangan Klopp

Jumat, 26 Juni 2020 05:57 WIB Republika.co.id

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp (Peter Nicholls/Reuters)

LIVERPOOL, AYOBANDUNG.COM -- Liverpool menjadi juara Liga Primer Inggris musim 2019/20 setelah poin mereka tak mungkin terkejar Manchester City.

The Reds pun menyandingkan titel juara dengan serangkaian rekor yang mereka pecahkan.

Liverpool menjadi tim yang tercepat memastikan diri sebagai juara di Liga Primer Inggris karena masih menyasikan 7 pertandingan. Rekor sebelumnya dimiliki oleh Manchester United di musim 2000/01 dan Manchester City pada 2017/18 dengan sisa lima pertandingan.

The Reds juga menjadi jawara dengan margin poin terjauh. Hingga pekan ke-31, 23 poin. Mereka mengantongi 86 poin sementara City yang berada di peringkat dua memiliki 63 poin. Rekor sebelumnya dipegang City dengan margin 19 poin di musim 2017/18.

Mereka juga sempat mencapai jarak terjauh dengan penghuni posisi dua klasemen (25 poin) beberapa waktu lalu. Belum pernah ada tim yang memiliki catatan serupa seperti Liverpool.

Liverpool menggoreskan kemenangan terbanyak di kandang berturut-urut (21 kali) saat mengalahkan West Ham United 3-2, Februari lalu. Rekor itu lagi-lagi memecahkan milik City dengan 20 kemenangan.

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp menjadi juru taktik asal Jerman pertama yang menjuarai Liga Primer Inggris. Tercatat ada tiga orang Jerman yang pernah dan masih melatih klub Inggris, yaitu Daniel Farke (Norwich City), Jan Siewert dan David Wagner (Huddersfield Town).

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers