web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Reaksi Manajemen Persib soal Isu Robert Alberts Akan Tangani Timnas

Kamis, 25 Juni 2020 13:14 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Pelatih Persib Bandung Robert Alberts (Irfan Al-Faritsi)

TANJUNGSARI, AYOBANDUNG.COM -- PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) merasa keberatan bila melepas Robert Alberts, yang diisukan akan menggantikan Shin Tae-yong sebagai pelatih Tim Nasional Indonesia.

Komisaris PT PBB, Umuh Muchtar menegaskan, tidak mudah mengambil keputusan untuk melepas atau merekrut pelatih di tengah jalan.

Skuat Maung Bandung sendiri, saat ini mempersiapkan lanjutan Liga 1/2020 pada September atau Oktober mendatang.

"Kita harus diperhitungkan, manajemen juga harus berembuk dulu untuk ambil keputusan. Tidak akan langsung ya. Meskipun itu untuk Merah Putih. Kita juga tidak gampang untuk mencoret pelatih," kata Umuh di kediamannya, Kamis (25/6/2020).

Sosok yang lekat dengan topi koboi itu menilai, performa Persib di bawah asuhan Robert sedang dalam trek positif.

Pelatih berusia 65 tahun itu juga dinilai mampu membangun kekompakan yang solid di dalam maupun di luar tim.

Buktinya, pada 3 laga awal Liga 1 2020, Persib berhasil mengantongi poin sempurna dengan mengemas 3 kali kemenangan beruntun. 

Bahkan pada musim 2019, Robert bisa membawa Persib finis di urutan 6 klasemen akhir meski hanya memiliki 2 pekan masa persiapan sebelum kompetisi bergulir. 

"Sementara ini Robert kelihatan klop dan bawa keberuntungan. Jangan sampai Robert ada masalah dengan Persib," kata Umuh.

Di sisi lain, Umuh justru menilai pelatih Madura United Rahmad Darmawan dinilai cocok untuk mengarsiteki timnas. 

Menurutnya, pelatih yang karib disapa RD itu sarat pengalaman di sepak bola Tanah Air termasuk sempat menangani Timnas Indonesia

Dengan pengalaman tersebut, Umuh menilai RD bisa menjadi opsi tepat bagi PSSI andai resmi melepas Shin Tae-yong dari kursi pelatih timnas.

"Sekarang masih ada Rahmad Darmawan, lebih berpengalaman dan lebih tahu Indonesia. Untuk Merah Putih, kalau bisa RD ya, lebih bagus juga. Tapi apa pun juga keputusan ada di PSSI," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Madura United, Acshanul Qosasi, menyebut pelatih berkebangsaan Belanda itu layak dan cocok mengarsiteki skuat Garuda.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel lainnya

dewanpers