web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Asah Kemampuan, Timnas U-19 Dinilai Butuh Pertandingan Uji Coba Internasional

Kamis, 25 Juni 2020 11:22 WIB

Ilustrasi (suara.com)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Salah satu legenda sepakbola Indonesia Bambang Nurdiansyah mengatakan Timnas Indonesia U-19 membutuhkan pertandingan uji coba internasional. Menurutnya, tim asuhan Shin Tae-yong itu butuh diuji kemampuannya dengan tim di atas level skuat Merah Putih.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-19 akan terjun di ajang Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan pada 14-31 Oktober mendatang. Indonesia tergabung di Grup A bersama dengan tim tuan rumah, Kamboja, dan Iran.

Pelatih yang akrab disapa Banur itu melihat Garuda Nusantara --julukan Timnas Indonesia U-19-- kurang dalam hal uji coba internasional. Eks juru taktik Persija Jakarta itu menganggap pemain sulit berkembang jika tak ada uji coba.

Apalagi, Timnas Indonesia U-19 dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021. Tentu, lawan yang dihadapi Indonesia tidak sembarangan.

"Uji coba internasional itu penting untuk kita, karena yang saya lihat Timnas U-19, kita itu sangat kurang melawan tim yang ada di atas mereka," kata Banur saat dihubungi awak media.

"Kalau melakukan uji coba internasional, secara tidak langsung kepercayaan diri pemain akan terbentuk dan itu bagus untuk mereka. Karena lawan yang mereka hadapi tidak sembarangan di Piala Dunia U-20 nanti," tambahnya.

Banur juga melihat bahwa uji coba internasional itu penting bagi pelatih. Tim kepelatihan bisa menganalisa kekurangan tim asuhannya.

"Selain itu, bagi pelatih ada bagusnya juga. Apabila mereka terus (uji coba) melawan tim lokal, mereka tidak bisa menganalisis kekurangan apa saja yang ada di tim ini. Jadi, saya harap persiapan ini bisa diselingi dengan uji coba internasional," pungkasnya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers