web analytics
  

Yuk, Kenali Cagar Budaya di Kota Bandung Berdasarkan Golongan

Kamis, 25 Juni 2020 11:20 WIB Adi Ginanjar Maulana
Bandung Baheula - Baheula, Yuk, Kenali Cagar Budaya di Kota Bandung Berdasarkan Golongan, Cagar Budaya,Cagar Budaya Bandung,Bangunan Heritage Bandung,bangunan sejarah bandung,Sejarah Bandung,Bandung Baheula,Perda Cagar Budaya,Semua Tentang Bandung,Info Seputar Bandung,Bandung

Cagar Budaya Jalan Patuha Bandung (Ayobandung.com/Nur Khansa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kota Bandung memiliki riwayat sejarah yang panjang, mulai dari pembentukan Bandung Purba hingga sejarah modern.

Dalam sejarah modern, tercatat beberapa cagar budaya ada di Kota Bandung yang hingga kini terjaga kelestariannya. 

Kendati demikian, cagar budaya tersebut ada yang dimiliki pemerintah maupun individu perorangan. Cagar budaya ini ada yang terjaga dan adapula yang tidak terawat dengan baik.

Untuk menjaga kelestariannya, Pemerintah Kota Bandung sudah merilis Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Cagar Budaya. Perda tersebut merupakan revisi dari peraturan sebelumnya, yakni Perda Nomor 19 Tahun 2009.

Regulasi tersebut memuat tentang definisi, kriteria, klasifikasi, dan mekanisme pengelolaan cagar budaya di Kota Bandung. Aturan itu juga melampirkan daftar 1770 cagar budaya yang tersebar di seluruh Kota Bandung secara rinci.

Pada perda yang ditandatangani pada 16 Oktober 2018 ini, cagar budaya didefinisikan sebagai warisan budaya bersifat kebendaan berupa benda cagar budaya, bangunan cagar budaya, struktur cagar budaya, situs cagar budaya, dan kawasan cagar budaya di darat dan/atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan melalui penetapan.

Ada empat kriteria yang menjadi syarat ditetapkannya sebuah cagar budaya. Pertama, benda, bangunan, atau struktur cagar budaya harus berusia lima puluh (50) tahun atau lebih. Kedua, mewakili masa gaya paling singkat berusia lima puluh (50) tahun. Ketiga, memiliki arti khusus bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan. Keempat, memiliki nilai budaya bagi penguata kepribadian daerah dan bangsa.

Warisan cagar budaya tersebut kemudian digolongkan menjadi tiga kategori berdasarkan usia (minimal 50 tahun), nilai arsitektur, nilai sejarah, nilai ilmu pengetahuan, dan nilai sosial budaya. Jika cagar budaya itu berusia lebih dari 50 tahun dan mengandung sedikitnya 3 kriteria tersebut, maka cagar budaya tersebut masuk ke dalam golongan A. 

Berikut link cagar budaya golongan A di Kota Bandung

Jika cagar budaya itu berusia 50 tahun dan memenuhi minimal 2 kriteria lainnya, maka termasuk ke dalam golongan B. 

Berikut link cagar budaya golongan B di Kota Bandung

Sedangkan cagar budaya golongan C ditetapkan jiga cagar budaya itu berusia minimal 50 tahun dan memenuhi setidaknya satu kriteria lainnya.

Saat ini, ada 254 cagar budaya yang terdaftar masuk ke dalam golongan A, 455 golongan B, dan 1061 golongan C. di luar itu, ada pula 62 titik yang terdaftar ke dalam situs cagar budaya.

Berikut link cagar budaya golongan C di Kota Bandung

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers