web analytics
  

Waduh! Warga Cimahi Tolak Swab Tes Covid-19

Selasa, 23 Juni 2020 22:31 WIB Tri Junari

Swab Tes Covid-19 (Ayocirebon.com)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah warga RT 01/RW 17, Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi menolak mengikuti tes virus corona (Covid-19) setelah 2 kali dinyatakan negatif Swab test.

Ada sebanyak 15 kepala keluarga yang menolak dengan menandatangani surat pernyataan penolakan swab test diketahui Ketua RT/RW setempat. Dalam isi surat juga disebutkan, warga menolak swab test untuk ketiga kalinya.

Lurah Karangmekar, Nur Effendi membenarkan adanya penolakan swab test dari warga. Menurutnya, test sebelumnya dianggap sudah cukup sehingga warga merasa tidak perlu ada test lanjutan.

"Warga membuat surat pernyataan menolak swab test, karena test pertama dan kedua sudah dilaksanakan dan hasilnya negatif. Mereka juga katanya sudah mengisolasi jadi enggak perlu swab test lagi," kata Nur Effendi, Selasa (23/6).

Dari puluhan warga yang diundang, swab test ketiga kalinya yang dilaksanakan di Puskesmas hari Selasa ini hanya dihadiri tiga orang saja. 

"Mereka yang datang ke Puskesmas merupakan warga yang pernah kontak dengan pasien positif. Sedangkan yang lainnya tidak datang karena sudah membuat surat pernyataan," bebernya.

Nur Effendi mengaku, sejumlah warga mengeluh kepada dirinya terkait masih adanya temuan warga yang positif Covid-19 padahal mereka telah melaksanakan isolasi mandiri selama 14 hari.

"Ada yang bertanya kenapa sudah isolasi tapi masih positif ? Yang kami khawatirkan masa inkubasi virusnya bisa lebih dari 14 hari. Makanya, sebenarnya swab test ini sangat penting sekali," ujarnya.

Ketua RW setempat, Pepi Hartini menyatakan, pihaknya tidak bisa melarang adanya penolakan warga tersebut. Namun dia meminta warga yang menolak bersedia menanggung konsekuensinya sendiri.

"Saya tak bisa melarang, terserah warga. Saya hanya minta warga yang menolak membuat pernyataan, agar ada buktinya," kata Pepi.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers