web analytics
  

Liga Berlanjut Tanpa Penonton, Ini Solusi dari Gelandang Persib

Senin, 22 Juni 2020 21:11 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Gelandang Persib Bandung, Erwin Ramdani (Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Liga 1 2020 rencananya akan kembali bergulir September atau Oktober mendatang. Namun, kompetisi musim ini bakal kembali bergulir dengan sejumlah regulasi anyar.

Salah satu aturannya, Liga 1 2020 kembali bergulir tetapi tanpa disaksikan langsung penonton di stadion. Hal ini tak lepas dari pandemi Covid-19 yang masih menjangkiti Indonesia.

Gelandang Persib Bandung, Erwin Ramdani menyadari kehadiran penonton sangat penting dalam membangun atmosfer sebuah pertandingan. Namun sesuai protokol kesehatan Covid-19, kerumunan massa dilarang untuk menghindari penularan virus corona.

"Mungkin liga tanpa penonton sedikit banyak berpengaruh pada kita, pemain. Apalagi Persib, atmosfernya seperti apa," kata Erwin saat joging di Lapangan Lodaya, Senin (22/6/2020).

Kendati demikian, gelandang berusia 27 tahun itu memahami kondisi ini. Pasalnya keselamatan dan kesehatan banyak pihak lebih penting dari sekadar pertandingan sepak bola. Apalagi menghadirkan penonton dalam sebuah pertandingan sangat berisiko memunculkan klaster baru Covid-19.

"Mau tidak mau kita harus menerima karena berpengaruhnya bukan cuma di sepak bola, tapi juga pebisnis. Semua berpengaruh. Kita harus adaptasi, mau tidak mau kita harus menerima," ucapnya.

Meski begitu, lanjut Erwin, demi mengobati kerinduan pecinta sepak bola dalam mendukung tim adalannya, sejumlah solusi bisa dilakukan. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial.

"Menyesuaikan dan disiasatinya dengan dukungan yang lain seperti melalui media sosial. Bobotoh lebih tahu bagiamana bobotoh menyemangati kita. Ada atau tidak ada bobotoh mempengaruhi kita, tapi kita harus tetap berusaha," ujarnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers