web analytics
  

Ini Cara Sukses Pertanian Organik Supaya Bisa Tembus Supermarket

Selasa, 23 Juni 2020 20:13 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Ini Cara Sukses Pertanian Organik Supaya Bisa Tembus Supermarket, Pertanian Organik,Supermarket

Pertanian Organik di Supermarket (Pixabay)

PASIRJAMBU, AYOBANDUNG.COM -- Pertanian organik sangat menjanjikan, harga yang paling tinggi juga berpeluang masuk pasar supermarket membuat petani yang menggeluti pertanian organik sukses.

Menejer Kebun Manan Sfarm, Hengki Irawan, mengatakan pada dasarnya hasil bumi dengan sistem organik sangat mudah diterima oleh pelbagai supermarket yang ada di tanah air.

"Untuk bisa masuk ke supermarket sebenarnya mudah. Hanya ada tiga syarat yang harus dijaga, selain harus mengantongi sertifikat organik," tutur Hengki, Selasa (23/6/2020).

Tiga syarat utama tersebut adalah kualitas, kuantitas dan kontinuitas. Dalam hal kualitas, proses sortir harus benar-benar dilakukan, hanya sayuran dengan kondisi terbaik bisa diterima oleh supermarket.

Sementara, kuantatitas adalah mampu menyediakan jumlah tertentu sesuai dengan permintaan dalam kurun waktu tertentu. Dia menyontohkan, jika dalam kontrak harus menyediakan 100 kg sayuran jenis tertentu dalam satu pekan, maka jumlah tersebut harus bisa disediakan sesuai perjanjian.

"Kontinuitas itu harus terus bisa menyediakan sesuai pesanan secara terus menerus," ujarnya.

Ketiga hal tersebut bisa dicapai dengan cara pola tanam. Setiap tanaman memiliki masa panen berbeda, sehingga diperlukan adanya menejemen pola tanam.

"Misalnya, sayuran tertentu masa penennya satu bulan. Maka, kalau harus mengirim setiap pekan, jangan seluruh lahan dengan sayuran tersebut bersmaan, tapi digabi-bagi, pekan ini tanam, pekan depan baru tanam lagi, sehingga setiap pekan bisa panen," ujarnya.

Pola tersebut juga akan membuat harga terjaga. Bebeda ketika tanaman tertentu ditanam dalam waktu bersamaan, sehingga saat panen tiba, ketersediaan barang menjadi banyak dan akan mempengaruhi terhadap harga.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers