web analytics
  

[CEK FAKTA] Dokter Stres Lalu Telanjang karena Suami Kena Corona?

Selasa, 23 Juni 2020 10:00 WIB M. Naufal Hafizh

Dokter Telanjang yang diklaim berasal dari Surabaya. (Twitter)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Sosok seorang perempuan yang disebut-sebut sebagai dokter viral di media sosial karena berdiri telanjang di pinggir jalan.

Bahkan, sebuah unggahan di media sosial ramai dengan mengklaim bahwa kejadian dokter telanjang di pinggir jalan ini terjadi di Surabaya.

Video dokter telanjang tersebut diunggah oleh akun bernama @filipus_nove melalui Twitter.

Dari narasi yang dia tulis, perempuan tersebut diduga telanjang karena stres suami dan anaknya terinfeksi virus corona Covid-19.

"Ini dokter gigi di Surabaya, suaminya sama anaknya mati kena Covid-19. Ini istrinya stres sampai telanjang di jalan," tulis @filipus_nove.

Namun, benarkah perempuan tersebut telanjang karena stres keluarganya terkena corona?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran dan cek fakta Turnbackhoax.id, didapati fakta bahwa kabar tersebut ternyata hoaks. Benar bahwa perempuan tersebut adalah seorang dokter, namun dia melakukan hal itu bukan karena stres keluarganya meninggal akibat Covid-19.

Hal ini diperkuat dengan adanya klarifikasi dari Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Surabaya dan ketua RT setempat. Mereka membenarkan bahwa perempuan tersebut adalah seorang dokter namun keluarganya dalam kondisi sehat, tidak terkena Covid-19 dan berada di rumah.

"Suami dan anaknya ada di rumah. Mereka sehat," kata IH, Ketua RT setempat, Senin (15/6/2020).

Namun, terkait motif perempuan tersebut telanjang di pinggir jalan sampai saat ini belum diketahui. IH juga enggan menanyakan penyebabnya dan menyerahkan segala urusan kepada keluarga sang dokter.

"Orangnya baik sekali. Kami sampai hari ini tidak bertanya pada pihak keluarga ada apa, karena kami juga tidak mau mencampuri urusan beliau. Kami tahu sudah ada dokter pribadi yang menangani, ya sudah," demikian katanya seperti dikutip dari situs Turnbackhoax.id.

KESIMPULAN

Dari penjelasan cek fakta di atas, maka diketahui bahwa benar perempuan yang ada di video tersebut adalah seorang dokter namun, dia telanjang di pinggir jalan bukan karena stres suami dan anaknya meninggal akibat Covid-19. Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @filipus_nove adalah kabar hoaks.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers