web analytics
  

SMAN 2 Cianjur Toreh Prestasi Nasional, 40 Hari Bikin 100 Buku

Selasa, 23 Juni 2020 06:01 WIB Muhammad Ikhsan

Sejumlah buku karya pelajar SMAN Negeri 2 Cianjur. (Dok. SMA Negeri 2 Cianjur)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Prestasi ditorehkeun pelajar SMA Negeri 2 Cianjur dengan membuat 100 buku dalam 40 hari. Hal ini dinilai menjadi yang pertama di Indonesia yang dilakukan pelajar secara bersama dalam satu sekolah.

Kepala SMA Negeri 2 Cianjur Dr Agam Supriyanta MMPd menjelaskan, literasi sekolah menjadi awal proses percetakan karena sudah menjadi gerakan pembiasaan secara nasional.

“Kami memiliki aplikasi melalui kegiatan seminggu sekali dengan nama unjuk kabisa,” katanya kepada Ayobandung.com saat dihubungi melalui telepon, Senin (22/6/2020).

Agam menjelaskan, para pelajar dilatih menyampaikan cerita dalam 3 bahasa. “Seminggu dua kali dilakukan literasi di lapangan sebelum pembelajaran, lalu dipimpin oleh siswa dan guru secara bergantian untuk menyampaikan literasi," katanya.

Kegiatan literasi lainnya dilanjutkan dengan membaca dan meringkas setiap Kamis.

"Setiap Rabu ada literasi Alquran para pelajar dibimbing anak-anak rohis semua kelas menyampaikan literasi Alquran," katanya.

Agam mengatakan, dalam benak setiap siswa ditanamkan reading to learn dan reading to write, lalu pihaknya menyisir pelajar yang berpotensi dalam menulis, dari perwakilan pelajar dikumpulkan ada tatap muka.

"Komunikasi berkelanjutan melalui online lewat pembina, Ibu Badriah pernah jadi guru juara tingkat nasional," katanya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers