web analytics
  

5 Tips Diet Sehat yang Sepele tapi Penting!

Selasa, 23 Juni 2020 05:04 WIB Suara.com
Gaya Hidup - Sehat, 5 Tips Diet Sehat yang Sepele tapi Penting!, Diet Sehat,Tips Kesehatan

[Ilustrasi] Diet sehat. (Pixabay)

Ada sejumlah hal sepele yang sering dilewatkan saat menjalani program diet, salah satunya cuma ikut-ikutan trend.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Menjalani diet sehat bukanlah hal mudah karena mempertahankan semangat di awal diet adalah tantangan tersendiri. Dibutuhkan kedisiplinan yang keras untuk bisa melakukannya.

Ada beberapa faktor yang bisa mengganggu kedisiplinan saat diet, seperti stres, kelelahan, rasa ngidam, perubahan mood, dan ketidakseimbangan hormon.

Lalu bagaimana cara mempertahankan diet sehat agar berhasil? Dikutip dari Medical Daily, tips-tips berikut bisa kamu ikuti.

1. Kenali tubuhmu

Memahami apa yang bekerja dan tidak bekerja bagi tubuh akan membantu kamu menyesuaikan diet apa yang cocok dengan tubuhmu. Jangan turuti apa yang diidamkan tubuh, karena itu hanya akan memperlambat proses metabolisme tubuh.

2. Hargai tubuhmu

Makanlah dengan rasa senang dan pilih yang sehat. Jangan konsumsi makanan tertentu yang tidak kamu inginkan hanya karena omongan orang, hal ini bisa membuat tubuh kamu jadi bingung. Syukurilah, kita memiliki banyak sekali pilihan makanan sekarang, membuat kita lebih mudah untuk memilih.

3. Makan lima warna makanan dalam sehari

Mulailah diet dengan hal mudah dan perlahan bisa kamu tingkatkan. Selama kamu bisa mengonsumsi kombinasi dari lima warna berbeda dari buah dan sayur, itu artinya kamu sudah melakukannya dengan benar.

4. Jangan lupa hidrasi tubuh

Menghidrasi tubuh sangatlah penting. Pastikan kamu minum cukup air seharian. Dengan begitu, kamu bisa merasa lebih segar sembari mempertahankan ritme makanan sehat, hanya dengan minum air.

5. Jangan cuma ikut-ikutan tren

Walau banyak manfaat kesehatan yang dijanjikan oleh banyak tren diet di luar sana, kamu tak perlu mengikutinya karena tak semua berhasil pada tubuhmu.

Cukup pastikan kamu teguh pada pilihan diet seimbang dan berprinsip jangka panjang. Sebab, kebanyakan tren diet ini hanya untuk jangka pendek.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers