web analytics
  

CFD Kota Bekasi Digelar 5 Juli dengan Kapasitas Kecil

Senin, 22 Juni 2020 05:04 WIB Firda Puri Agustine

[Ilustrasi] Aktivitas di CFD. (Kavin Faza/Ayobandung.com)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM -- Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan Car Free Day (CFD) Bekasi akan digelar 5 Juli 2020 dengan kapasitas kecil.

"(Bukan ditunda) Memang direncanakan pada 5 Juli 2020," kata dia saat dihubungi Ayobekasi.net (Ayo Media Network) via pesan singkat, Minggu (21/6/2020).

CFD Kota Bekasi sempat diliburkan selama kurang lebih 3 bulan sejak pandemi Covid-19 merajalela di Indonesia. 

Nantinya, CFD di Bekasi akan mengedepankan protokol kesehatan yang berlaku untuk menekan penyebaran virus Corona. Misalnya, warga diharuskan mengenakan masker dan menjaga jarak sosial atau physical distancing. 

"Protokol kesehatan sudah mutlak adanya, tidak bisa ditawar," ujarnya.  

Selain itu, Pemkot Bekasi bakal menerapkan pembatasan waktu serta kapasitas orang yang boleh mengikuti kegiatan CFD. Jika biasanya CFD dibuka selama 3 jam, nanti hanya diberlakukan 2 jam saja.  

"Kita coba dengan kapasitas kecil dulu," katanya.  Pemkot Bekasi juga akan menyediakan fasilitas dan prasarana mencuci tangan di beberapa titik lokasi CFD. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 yang lebih luas.  

"Iya kita sediakan (alat cuci tangan)  di lokasi," ujarnya.  

Selain kewajiban masker dan cuci tangan, Pemkot Bekasi akan membatasi jumlah warga yang mengikuti CFD. Pada tahap awal, CFD dibuka hanya untuk 5.000 warga dari yang biasanya 30.000 orang. 

"Nanti akan dievaluasi lagi. Minggu pertama 5000 orang, lalu dua minggu kemudian 10.000, terus naik lagi dua minggu ke depannya jadi 20.000. Intinya bertahap," kata pria yang akrab disapa Pepen tersebut. 

Apabila tidak ditemukan lonjakan kasus Covid-19 yang signifikan, secara perlahan,  CFD akan dikondisikan normal seperti sebelumnya. Namun, warga diimbau tetap patuhi protokol kesehatan yang ada.  

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers