web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Tips dari Sandiaga Uno Untuk Dongkrak Penjualan

Minggu, 21 Juni 2020 20:45 WIB

Sandiaga Uno ([email protected])

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pengusaha Sandiaga Uno memberikan tip kepada publik berkenaan dengan teknik mendongkrak atau meningkatkan penjualan. Hal ini mengingat pandemi virus Covid-19 di Indonesia memicu munculnya bisnis baru dengan produk-produk berkualitas sekaligus menumbuhkan ketatnya persaingan usaha.

Sandiaga menyampaikan bahwa product branding merupakan sesuatu yang sangat penting bagi seorang pengusaha. Dia mengatakan, branding dapat membuat produk yang diciptakan berbeda dan selalu menempel di benak pelanggan.

"Produk branding bukan hanya logo atau merek tapi lebih dari itu. Jadi penting banget produk branding sebagai pembeda dan sebagai sesuatu yang nempel di benak pelanggan kita untuk melakukan diferensiasi antara suatu produk dengan produk lain," kata Sandi dalam keterangan, Minggu (21/6/2020).

Mantan ketua umum himpunan pengusaha muda Indonesia (HIPMI) ini menyebutkan product branding adalah membangun suatu pesan atau image yang menjadi roh dari produk. Dia menyontohkan, seorang pengusaha mengedepankan integritas dan amanah kepada pelanggannya. "Bahwa kalau kita memberikan suatu produk atau jasa itu selalu yang terbaik dan kalau kita memakai produk itu dijamin kualitasnya," katanya.

Dia kembali menyontohkan bahwa orang-orang lebih berminat menggunakan produk Apple dibanding produk lainnya. Menurutnya, publik bisa saja beralasan kalau menggunakan produk tersebut akan mengasosiasikan seorang dengan inovasi.

Dia mengatakan, branding secara konsisten akan membuat suatu produk menjadi hal yang menarik bagi calon pelanggan. Mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini melanjutkan, hal tersebut lantas berujung pada ketertarikan pasar akan produk yang dijajakan.

Sandi berpesan kepada seluruh pengusaha muda Indonesia di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini untuk terus berani melangkah dan mengambil risiko. Mantan calon wakil presiden ini juga meminta mereka untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan kondisi yang terjadi saat ini. "Sebagai pebisnis, kita harus selalu proaktif, jangan menunggu kesempatan datang tapi harus proaktif menjemput bola terhadap peluang-peluang yang ada di depan," katanya.

Hal serupa juga diungkapkan Co-Founder & CMO KadoKita Armijn. Dia menjelaskan bahwa product branding bersifat jangka panjang dan mampu meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk yang dihasilkan. Dia mengatakan, branding juga bertujuan untuk memberikan kredibilitas produk. Sebabnya, dia melanjutkan, seorang pengusaha harus memulai branding dengan mengetahui lebih dulu posisi produk yang dihasilkan ada di mana.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers