web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Mata Tiba-tiba Merah Bisa Jadi Gejala Covid-19

Jumat, 19 Juni 2020 14:10 WIB

Ilustrasi (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Jika mata Anda tiba-tiba berubah kemerahan dan terjadi peradangan, waspadailah sebagai gejala virus corona atau Covid-19. Demikian menurut para peneliti University of Alberta.

Dilansir dari Medical Xpress, batuk, demam, dan sulit bernapas adalah gejala umum penyakit ini. Tetapi studi kasus baru-baru ini yang melibatkan seorang wanita Edmonton dan diterbitkan dalam Canadian Journal of Ophthalmology telah menentukan bahwa konjungtivitis (mata merah) dan keratoconjunctivitis (peradangan pada mata) juga bisa menjadi gejala primer.

Pada bulan Maret, seorang wanita berusia 29 tahun tiba di Eye Institute of Alberta di Rumah Sakit Royal Alexandra dengan kasus konjungtivitis yang parah dan gejala pernapasan yang minimal. Setelah pasien menjalani beberapa hari perawatan dengan sedikit perbaikan  seorang residen memesan tes Covid-19. Tes itu ternyata positif.

"Apa yang menarik dalam kasus ini, dan mungkin sangat berbeda dengan bagaimana hal itu diakui pada waktu tertentu, adalah bahwa presentasi utama penyakit itu bukan gejala pernapasan. Itu adalah mata," kata Carlos Solarte, asisten profesor oftalmologi di U of A.

"Tidak ada demam dan batuk, jadi kami tidak dituntun untuk mencurigai Covid-19 pada awalnya. Kami tidak tahu itu bisa muncul terutama dengan mata dan bukan dengan paru-paru."

Menurut Solarte, studi akademik pada awal pandemi mengidentifikasi konjungtivitis sebagai gejala sekunder pada sekitar 10 hingga 15 persen kasus Covid-19.

Sejak itu, para ilmuwan telah memperoleh pengetahuan yang lebih besar tentang bagaimana virus dapat menular melalui dan memengaruhi sistem selaput lendir tubuh, di mana konjungtiva selaput jernih dan tipis yang menutupi permukaan depan mata  adalah perpanjangan.

Sementara temuan ini memberikan informasi kesehatan baru yang penting bagi masyarakat, itu juga membuat ujian mata lebih rumit bagi dokter mata dan staf.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers