web analytics
  

Ada 38 Aplikasi Kamera Cantik Berbahaya di Ponsel Android

Jumat, 19 Juni 2020 11:29 WIB
Umum - Unik, Ada 38 Aplikasi Kamera Cantik Berbahaya di Ponsel Android, Android,ponsel pintar,Kamera cantik,Aplikasi kamera cantik,smartphone

Ilustrasi (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pemilik ponsel Android yang gemar menggambil foto selfie dengan aplikasi kamera cantik harus lebih waspada. Pasalnya, peneliti dari WhiteOps telah memperingatkan sekitar 38 aplikasi kamera cantik berbahaya yang dapat membombardir ponsel Android dengan iklan.

"Apa yang dimiliki semua aplikasi ini - selain taktik penipuan mereka - adalah fokus mereka pada kecantikan. Sebagian besar dimaksudkan untuk menjadi aplikasi selfie yang menambahkan filter kamera cantik ke gambar pengguna, sementara pada saat yang sama menampilkan iklan di luar konteks dan membuatnya hampir mustahil untuk menghapus aplikasi itu sendiri,” ujar tim peneliti yang dipimpin Nico Agnese, dilansir laman Mirror, Jumat (19/6/2020).

Selain itu aplikasi kamera cantik tersebut bisa berujung pada penipuan yang merugikan pemilik ponsel.

"Rentang waktu operasi ini menawarkan studi kasus yang hebat tentang pengembangan penipuan, penerbitan, adaptasi, dan menarik kembali sumber daya untuk mencadangkannya untuk potensi penggunaan di masa depan," tutur mereka.

Untungnya, semua 38 aplikasi kini telah dihapus dari Google Play Store. Tetapi jika masih memiliki salah satu dari mereka yang terinstal di ponsel Android Anda, disarankan untuk segera menghapusnya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers