web analytics
  

Catat! Gerhana Matahari Cincin Berlangsung 21 Juni 2020

Rabu, 17 Juni 2020 22:29 WIB Tri Junari
Umum - Unik, Catat! Gerhana Matahari Cincin Berlangsung 21 Juni 2020, Gerhana Matahari Cincin,Observatorium Bosscha

Gerhana Matahari Cincin (Pixabay)

LEMBANG, AYOBANDUNG.COM -- Fenomena alam gerhana matahari cincin akan kembali terjadi pada  tanggal 21 Juni 2020 mendatang. Sayangnya, di Indonesia hanya sebagian wilayah saja yang dapat melihat secara jelas peristiwa langka tata surya ini.

Staf Peneliti Bosscha, Yatni menerangkan, pengamatan Gerhana Matahari Cincin dapat diamati dari Aceh, Sumatera dan Kalimantan. Puncaknya gerhana akan terlihat 13 % di wilayah Indonesia.

Sedangkan di Sulawesi, Ambon, dan Maluku, terutama di Maluku Utara, Gerhana Matahari Cincin pada puncaknya 30% menutupi matahari.

"Gerhana Matahari Cincin nanti pada tanggal 21 Juni mendatang, sayangnya tidak bisa diamati di Bandung dan Jakarta. Indonesia hanya sebagian dan itu pun sebagian kecil, hanya 13-20 persen itu juga bisa diamati di wilayah Aceh, Sumatera dan Kalimantan," ujar Yatni, Rabu (17/6/2020).

Yatni menjelaskan Gerhana Matahari Cincin kali ini akan terlihat jelas dengan mata telanjang di beberapa negara seperti Afrika Tengah, Semenanjung Arab, Pakistan, Cina dan Filipina.

Meski begitu, pada saat terjadi gerhana matahari cincin nanti, Observatorium Boscha akan memberikan informasi dan edukasi pengamatan secara online bagi masyarakat.

"Bisa diakses pada media sosial Observatorium Bosscha," terangnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers