web analytics
  

Pabrik Sepatu Lokal Gunakan Pemasaran Online Demi Bertahan

Selasa, 16 Juni 2020 21:23 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Pabrik Sepatu Lokal Gunakan Pemasaran Online Demi Bertahan, Bupati Bandung Dadang M Naser,PT Sinar Runerindo

Bupati Bandung Dadang M Naser dalam kunjungannya ke PT. Sinar Runnerindo, Katapang, Kabupaten Bandung. (Dok Humas Pemkab Bandung)

KATAPANG, AYOBANDUNG.COM -- Industri menjadi sektor terdampak pandemi Covid-19. Tidak sedikit, industri yang terpaksa merumahkan bahkan melakukan PHK karena hasil produksi tidak terjual.

Salah satu pabrik sepatu di Kabupaten Bandung, PT Sinar Runerindo melakukan perubahan pemasaran untuk bisa bertahan selama masa pandemi Covid-19. Dalam 3 bulan terakhir, mereka memaksimalkan pemasaran online.

Strategi tersebut berhasil dilakukan, sehingga 2.000-an karyawannya masih tetap bekerja karena omzet masih terjaga aman.

"Pemasaran konvensional terganggu saat pandemi, makanya kami memaksimalkan online. Prospeknya bagus, produksi kami tidak ada pengurangan," tutur Manajer HRD dan Umum PT Sinar Runerindo, Romeo Beni Hutabarat, Selasa (16/6/2020).

Pemasaran online memang sudah dilakukan sebelum pandemi, namun rasionya hanya 30%, sisanya 70% dilakukan secara konvensional.

Pemasaran online yang dilakukan, bahkan menggunakan sosial media, seperti Facebook dan Instagram. Menurut Romeo, respons masyarakat sangat bagus, sehingga pemasaran tetap berjalan.

"Ke depan apalagi saat ini kita memasuki new normal, pemasaran online sudah menjadi suatu keharusan untuk menjawab tantangan pasar," ujarnya.

Bupati Bandung Dadang M Naser mengapresiasi langkah yang diambil oleh produsen sepatu tersebut, dalam menyikapi pandemi Covid-19 dengan inovasi.

"Apalagi ini perusahaan yang padat karya, dimana proses dari awal sampai selesai membutuhkan tenaga kerja yang banyak. Dan ini menyerap banyak tenaga kerja lokal. Langkah yang dilakukan oleh perusahaan ini patut diapresiasi dan dijadikan contoh untuk yang lainnya. Dan sepatu produknya juga sangat digemari anak muda kalangan milenial, bahkan katanya sepatu dari sini sudah sampai ke Istana Presiden dan dipakai oleh Pak Presiden Joko Widodo," tutupnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers