web analytics
  

Hari Pertama, Pelaksanaan PPDB SMP di Kota Bandung Berjalan Lancar

Selasa, 16 Juni 2020 00:37 WIB Republika.co.id
Umum - Pendidikan, Hari Pertama, Pelaksanaan PPDB SMP di Kota Bandung Berjalan Lancar, PPDB SMP,PPDB Kota Bandung,smp 1 kota bandung

PPDB (Ist)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Hari pertama pelaksanaan pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara daring tingkat SD dan SMP Tahun 2020 di Kota Bandung, Jawa Barat, Senin berjalan lancar. Tidak dilaporkan adanya kendala server down atau laman PPDB yang tidak bisa diakses.

Kepala SMPN 1 Kota Bandung, Yus Bachrul Ulum mengatakan, tidak ditemukan kendala-kendala teknis pada hari pertama pendaftaran tersebut.

"Hari pertama PPDB, alhamdulillah tidak ditemukan kendala seperti saat PPDB SMA/SMK. Mungkin, Dinas Pendidikan Kota Bandung juga sudah mengantisipasinya," kata Yus.

Yus mengatakan selain berkaca pada kejadian PPDB SMA/SMK, Disdik Kota Bandung juga sudah mengantisipasi jangan terjadi masalah PPDB seperti di Kota Malang yakni laman PPDB tidak bisa diakses dan akhirnya orangtua menyerbu ke dinas pendidikan setempat. "Semoga lancar sampai proses PPDB selesai," ucapnya.

Pada hari pertama pedaftaran jumlah pendaftarnya mencapai 27 orang dan panitia PPDB disekolahnya langsung memverifikasi berkas yang sudah lengkap.

Sementara itu, Permerhati Pendidikan Dan Satriana mengatakan proses PPDB SD dan SMP relatif bagus dan berjalan lancar karena kewengannya ada di satu komando, yakni disdik kota/kabupaten. Dan mengatakan berbeda halnya dengan PPDB ke SMA, karena beda level dari sisi kewenagan.

"Dikarenakan SD dan SMP ada di bawah satu komando, maka mengontrolnya cukup aman, termasuk dalam pendataan siswa yang sudah dilakukan sebelum pendaftaran. Sehingga pada saat pendaftaran orangtua dibantu sekolah sudah beres, kecuali bagi mereka yang ingin merubah sekolah atau jalur," kata Dan.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers