web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Begini Cara Olah Bawang Putih hingga Tomat Agar Tetap Bernutrisi

Senin, 15 Juni 2020 13:09 WIB

[Ilustrasi] Pedagang menjual barang dagangannya di Pasar Kordon, Jalan Buah Batu, Kota Bandung, Jumat (7/2/2020). (Kavin Faza/Ayobandung.com)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Nutrisi sejumlah makanan bisa hilang jika cara pengolahannya salah, salah satunya cara memasak bawang putih.

Menurut laman Pinkvilla, bawang putih mengandung enzim penting yang disebut allicin. Orang-orang biasanya menyiapkan bawang putih dengan memotongnya lalu menaruhnya ke dalam wajan.

Namun, kekuatan allicin meningkat ketika terkena udara. Oleh karena itu, cara terbaik agar nutrisinya terjaga yakni membiarkan bawang putih selama 10 menit setelah memotongnya.

Di sisi lain, sebagian orang salah mengolah tomat. Kebanyakan mengonsumsinya mentah. Para ahli mengatakan, tomat harus dimasak agar Anda bisa mendapatkan manfaat dari kandungan likopennya. Nutrisi buah atau sayuran itu meningkat ketika dipanaskan.

Sementara itu, brokoli tidak boleh digoreng atau direbus, menurut para ahli. Sayuran itu sebaiknya dikonsumsi mentah atau dikukus.

Brokoli kaya kandungan antioksidan, vitamin C, dan senyawa antikanker yang bisa hilang ketika sayuran digoreng atau direbus.

Terakhir, buah kiwi. Banyak orang suka mengupas kulit buahnya sebelum memakannya. Namun, kulit kiwi sebenarnya mengandung vitamin E konsentrasi tinggi, folat, dan nutrisi lainnya. Anda dianjurkan mengonsumsi kulit dan buah secara keseluruhan, demikian seperti dilansir Medical Daily.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers