web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Bawaslu Kabupaten Bandung Aktifkan Kembali Panwascam dan PKD

Minggu, 14 Juni 2020 20:49 WIB Mildan Abdalloh

Ilustrasi Pilkada 2020. (dok. Ayobandung.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Setelah dibekukan selama 3 bulan, Bawaslu Kabupaten Bandung mengaktifkan kembali adhoc di tingkat kecamatan dan desa.

Koordinator Divisi OSDM Bawaslu Kabupaten Bandung, Kahpiana mengatakan, pengaktifan kembali Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) dilakukan setelah PKPU 5/2020 tentang Tahapan, Jadwal, dan Program terbit yang ditindaklanjuti oleh Surat Edaran yang dikeluarkan Bawaslu RI Nomor 0197 tentang Pengaktifan kembali Jajaran Ad-hoc Panwascam dan Pengawas Desa.

"Tepat pukul 15.00 hari ini kami melaksanakan video conference dengan jajaran adhoc tingkat kecamatan dan secara resmi jajaran adhoc tersebut diaktifkan kembali," tutur Kahpiana, Minggu (14/6/2020).

Dengan demikian, Panwascam dan PKD diharuskan melakukan tugas dan fungsinya melakukan pengawasan di daerah masing-masing.

Namun kata Kahpiana, situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir menjadi satu kekhawatiran. Apalagi dalam penyelenggaraan Pilkada interaksi antara penyelenggara akan lebih intens.

"Ada rasa kekhawatiran kami terhadap jajaran kami di lapangan mengawasi di tengah pandemi Covid-19, namun protokol kesehatan dalam pegawasan sudah kami siapkan," ujarnya.

Dalam melakukan kerja pengawasan, Panwascam dan PKD diminta untuk selalu melakukan protokol kesehatan.

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers