web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Pria Pilih Wanita Wajah Cantik atau Tubuh Seksi? Ini Kata Studi

Sabtu, 13 Juni 2020 14:17 WIB

[Ilustrasi] Pasangan romantis. (Shutterstock)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Peneliti di Amerika Serikat menganalisis apa yang membuat laki-laki tertarik pada seorang perempuan, wajah cantik atau tubuh seksi?

Ketertarikan setiap laki-laki terhadap perempuan memang berbeda. Beberapa laki-laki tertarik dengan karakter, sedangkan yang lainnya mungkin tertarik dengan kecantikan atau tubuh indah calon pasangan.

Ini adalah proses psikologis menarik yang ingin diteliti lebih lanjut oleh para peneliti tersebut. Mereka merancang sebuah studi yang menganalisis bagaimana manusia menukar satu karakteristik dengan karakteristik lain dalam hubungan romantis.

Peneliti menganalisis apa yang membuat laki-laki tertarik pada seorang perempuan. Hasilnya, peneliti menemukan laki-laki lebih memilih pasangan dengan wajah menarik untuk hubungan jangka panjang. Sebaliknya, untuk hubungan jangka pendek lelaki lebih memilih tubuh yang menarik atau seksi.

Namun, hasil yang terakhir didasarkan pada sistem 'point budget'.

Sistem point budget yang dirancang Carin Perilloux dari Southwestern University di Texas dan Jaime Cloud dari Western Oregon University melihat sejumlah kecil poin yang dialokasikan untuk 250 peserta laki-laki dan perempuan.

Laki-laki dan perempuan ini ditugasi membayangkan (jika) mereka lajang, sebelum diberi kesempatan untuk merancang pasangan ideal dari lawan jenis.

Setiap responden diberi daftar ciri-ciri fisik yang separuhnya adalah wajah (mata, hidung, rambut, kulit, senyum) dan setengah lainnya terkait tubuh (tinggi, otot, ukuran payudara, ukuran dada, ukuran pinggang, ukuran pinggul).

Peserta kemudian diminta untuk memberikan masing-masing sifat ini nilai dari 0 hingga 10, tergantung pada apa yang paling mereka hargai.

Baik hubungan jangka pendek maupun jangka panjang, peserta pria memprioritaskan wajah yang menarik daripada tubuh seksi.

Satu-satunya skenario ketika tubuh mengungguli wajah adalah saat peserta lelaki yang dialokasikan dengan point budget kecil diminta untuk mendesain padangan sempurna untuk hubungan jangka pendek.

Dengan kata lain, lelaki dengan point budget lebih banyak masih memilih wajah yang menarik, bahkan untuk hubungan jangka pendek.

Para peneliti percaya bahwa pemilihan peserta lelaki dalam hubungan jangka panjang mencerminkan bagaimana kita secara tidak sadar menilai potensi reproduksi jangka panjang wanita.

Lebih khusus, potensi reproduksi jangka panjang wanita bisa dikomunikasikan dengan lebih baik melalui ciri-ciri wajah, yang mencakup corak kulit dan penuaan seperti kerutan, jika dibandingkan tubuh.

Ini, klaim para peneliti, itulah mengapa pria lebih suka wanita yang lebih menarik dari segi wajah untuk hubungan jangka panjang.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Sumber: Suara.com
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers