web analytics
  

Belajar Tatap Muka Tidak Akan Dilakukan Dalam Waktu Dekat

Selasa, 9 Juni 2020 20:08 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Belajar Tatap Muka Tidak Akan Dilakukan Dalam Waktu Dekat, Komisi X DPR RI,Dede Yusuf Macan Efendi,Belajar Tatap Muka,Belajar di Rumah,Belajar Jarak Jauh

Ilustrasi Siswa Belajar di Rumah (Kavin Faza)

BALEENDAH, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah telah menetapkan 13 Juli mulai masuk sekolah tahun ajaran 2020/2021. Namun kemungkinan besar masih tetap melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi mengatakan, usulan dari KPAI dan IDAI terkati dimulainya belajar tatap muka harus menjadi pertimbangan pemerintah.

"Kalau zonanya belum hijau, jangan dulu belajar tatap muka. Sekolah harus tetap PJJ," tutur Dede saat melakukan kunjungan kerja ke Baleendah, Kabupaten Bandung, Selasa (9/6/2020).

Anak usia dibawah 15 tahun kata Dede sangat rentan terpapar covid-19, sehingga jika belum benar-benar aman, maka bisa membahayakan anak. Bahkan bukan tidak mungkin ada klaster baru di sekolah.

Terlebih sebagian besar saat berangkat sekolah anak menggunakan angkutan umum yang belum jelas keamanannya dari paparan virus.

Walaupun sudah ada zona hijau, Dede mengatakan pihaknya mendesak kepada Kementerian Pendidikan untuk memberi waktu selama satu bulan setelah penetapan zona hijau oleh pemerintah.

"Belajar tatap muka baru bisa dilakukan satu bulan setelah ditetapkan zona hijau," tegasnya.

Jika diasumsikan agustus pandemi sudah berakhir atau sudah zona hijau, paling tidak pembelajaran tatap muka baru bisa dilakukan sepetember.

Spare waktu satu bulan diperuntukan melakukan sosialisasi dan simulasi proses pembelajaran tatap muka yang aman bagi siswa.

"Tapi sampai sekarang kurva kita itu masih naik turun. Sehingga pemerintah juga belum bisa menentukan kapan pandemi berkahir," tutupnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers