web analytics
  

5 Cara Bikin Laptop Lemot Jadi Ngebut Lagi

Selasa, 9 Juni 2020 14:51 WIB M. Naufal Hafizh
Bisnis - Gadget, 5 Cara Bikin Laptop Lemot Jadi Ngebut Lagi, Laptop,Laptop Lemot

[Ilustrasi] Laptop lemot. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Laptop menjadi lemot, umumnya, karena perangkatnya sudah berumur. Namun, ada sejumlah cara agar laptop lemot bisa berjalan cepat lagi.

Berikut 5 cara membuat performa laptop lemot jadi kencang lagi, dilansir dari Hitekno.com, Selasa (9/6/2020).

1. Matikan Animasi Visual

Animasi pada sistem operasi memang membuatnya lebih menarik dan tidak membosankan. Namun efek visual yang diberikan animasi ini membuat laptop lebih berat.

2. Upgrade ke SSD

Upgrade hard disk mekanikal kamu ke SSD akan membuat lompatan performa laptop lemot kamu. SSD jauh lebih cepat dibanding hard disk mekanikal.

3. Bersihkan dari Virus, Malware, dan Spyware

Pengguna Windows pasti tak asing dengan adanya software jahat seperti virus, malware, dan spyware. Program jahat ini akan memakan sebagian besar sumber daya laptop kamu.

Karena itu, pastikan antivirus kamu selalu update. Lalu, rajin-rajinlah melakukan scanning untuk membersihkan laptop dari virus dan teman-temannya ini.

4. Buang program tak terpakai

Coba buka lihat daftar aplikasi yang terinstal di laptop kamu. Jika memang ada aplikasi yang tidak penting dan tak pernah terpakai, uninstall saja.

5. Singkirkan file tak penting dan tak terpakai

Kamu bisa memindahkan file-file tidak terpakai ke tempat lain, seperti hard disk eksternal jika tak mau menghapusnya. Banyaknya file dalam sebuah folder akan mempengaruhi kecepatan membukanya.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers