web analytics
  

Awas, Ini Berbagai Bahaya Memasak dengan Minyak Kelapa!

Selasa, 9 Juni 2020 12:59 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Awas, Ini Berbagai Bahaya Memasak dengan Minyak Kelapa!, Minyak Kelapa,Kolesterol,kolesterol tinggi

Masak menggunakan minyak kelapa. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM Minyak kelapa yang kaya akan manfaat, ternyata bisa membahayakan kesehatan, jika digunakan untuk memasak.

American Heart Association, seperti diberitakan Dailymail, menganjurkan masyarakat tidak menggunakan minyak kelapa untuk memasak. Pasalnya, minyak kelapa mengandung lemak jenuh tingkat tinggi atau hampir 6 kali lebih tinggi dari minyak zaitun.

Lemak jenuh dianggap tidak sehat karena bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol tinggi berdampak pada peningkatan risiko penyakit jantung.

Selain itu, penyakit lain seperti stroke dan sirkulasi darah yang buruk juga bisa muncul akibat kolesterol tinggi. Pada umumnya, kadar kolesterol normal berada pada angka 200 mg/dL.

Kadar kolesterol yang berada pada kisaran 200-239 mg/dL sudah termasuk dalam ambang batas tinggi. Sementara itu, jika jumlahnya di atas 239 mg/dL, seseorang berarti mengalami kolesterol tinggi.

Selain itu, minyak kelapa yang dijual dalam bentuk makanan juga mengandung kadar lemak jenuh yang lebih tinggi daripada lemak babi dan mentega.

Menurut laporan tersebut, minyak kelapa mengandung 82% lemak jenuh, sedangkan lemak babi mengandung 39% lemak jenuh, lemak daging sapi 50% dan mentega 63%.

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk memasak karena dinilai lebih sehat.

American Heart Association juga merekomendasikan agar membatasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh yang ditemukan dalam mentega, keju, daging merah dan makanan berbasis hewani lainnya.

Sumber: Himedik.com
Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers