web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Cara Redakan Perih di Kulit Akibat Terbakar Sinar Matahari

Selasa, 9 Juni 2020 10:23 WIB

Warga berjemur di bawah sinar matahari, (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Radiasi UV dari sinar matahari dapat membakar sel-sel kulit, dan menyebabkan banyak gejala yang membuat tidak nyaman, seperti gatal dan perih.

Jika terjadi terus menerus, kemungkinan Anda bisa terkena kanker kulit.

Untuk luka bakar akibat sinar matahari ringan, ada beberapa solusi yang bisa Anda gunakan untuk meredakan gejalanya. Tetapi jika terjadi cukup parah, jangan menunda untuk periksakan diri ke dokter.

Gejala umum dari sengatan matahari ringan adalah kemerahan, rasa perih, kulit terasa panas saat disentuh, gatal, bengkak, hingga kulit mengelupas.

Tetapi jika gejala tersebut ditambah dengan demam, muncul ruam, mual, hingga pusing, kemungkinan Anda mengalami keracunan. Ini merupakan tanda alergi terhadap sinar matahari.

Memang perlu beberapa jam untuk melihat adanya tanda kemerahan yang menyertai kulit terbakar. Anda harus mengobatinya segera setelah mengalami gejala.

Berikut beberapa pengobatan rumahan yang dapat Anda lakukan, dilansir Insider:

1. Gunakan kompres dingin

Mendinginkan kulit terbakar dapat mengurangi peradangan serta gejalanya. Caranya dengan mengompres es batu yang dibungkus kain lembut pada kulit yang terbakar.

2. Mandi air dingin

Selain mengompres, mandi air dingin juga bisa mendinginkan kulit. Jangan gunakan sabun dengan bahan keras untuk menghindari iritasi kulit.

3. Melembabkan kulit

Sinar matahari dapat menghilangkan kelembaban kulit yang terbakar. Menjaga kulit tetap lembab dapat membantu membangun pelindung kulit sehingga luka cepat sembuh.

Ini juga mengurangi gejala seperti kulit mengelupas dan gatal.

Untuk hasil terbaik, oleskan pelembab tanpa pewangi setelah mandi. Mandi membuka pori-pori, memungkinkan kulit menyerap kelembaban dengan lebih baik.

4. Gunakan obat anti-inflamasi

Penghilang rasa sakit, seperti aspirin atau ibuprofen dapat membantu mengurangi peradangan. Ini bisa mengurangi gejala terbakar matahari yang paling menyakitkan, seperti bengkak dan melepuh.

5. Oleskan lidah buaya

Lidah buaya adalah solusi alami untuk sengatan matahari. Ini mengandung vitamin yang dapat menyembuhkan kulit, dan senyawa anti-inflamasi.

Mengaplikasikan lidah buaya dapat merangsang produksi kolagen, yang membantu kulit Anda lebih cepat sembuh.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers