web analytics
  

PLN: Tagihan 258 Ribu Pelanggan Naik 200%

Senin, 8 Juni 2020 20:56 WIB
Umum - Nasional, PLN: Tagihan 258 Ribu Pelanggan Naik 200%, PLN,Tagihan Listrik Melonjak

Pelanggan PLN (Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN mencatat ada 4,3 juta pelanggan yang tagihan listriknya melonjak.

Senior Executive Vice President Bisnis dan Pelayanan Pelanggan PLN Yuddy Setyo Wicaksono menerangkan, dari 4,3 juta pelanggan itu sebanyak 6 persen atau 258 ribu pelanggan mengalami kenaikan tagihan hingga 200%.

"Terbanyak yang naik 20-50% itu sebanyak 2,4 juta pelanggan," ujar Yuddy dalam video conference di Jakarta, Senin (8/6/2020).

Menurut Yuddy, jumlah pelanggan yang mengalami lonjakan tagihan listrik masih terbilang sedikit, dibanding pelanggan yang tagihan listriknya masih normal.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi tagihan listrik  itu tak langsung melonjak tinggi, PLN mencicil tagihan Kwh yang belum terbayar pelanggan. 

Misalnya, dari 100% tagihan Kwh yang belum terbayar akan dicicil tagihannya antara 60% bulan ini, sisanya 40% pada bulan depan.

"Misal saya punya tagihan per bulan Rp1 juta, Januari-Febuari-Maret Rp1 juta, saat dicatat meter rata-rata, maka saya bayar Rp1 juta juga. Padahal pemakaian di April Rp1 juta. Karena rata-rata sebelumnya Rp1 juta, padahal pemakaian saya Rp1,6 juta, maka kelebihan 600 ribu itu akan dibayarkan 40% di Juli," ucap Yuddy.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers