web analytics
  

Disdik Kabupaten Bandung Belum Tentukan Kapan Waktu Belajar di Sekolah

Senin, 8 Juni 2020 15:37 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Disdik Kabupaten Bandung Belum Tentukan Kapan Waktu Belajar di Sekolah, Pendidikan,Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),Kabupaten Bandung,belajar di sekolah

Ilustrasi (Republika)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung belum memutuskan kapan berakhirnya kegiatan belajar di rumah. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Juhana mengatakan, awal masuk sekolah tahun ajaran 2020/2021 masih mengacu pada kalender akademik, yakni 13 juli.

"Awal tahun pelajaran, tetap 13 juli. Tapi bukan berarti mulai belajar di sekolah," tutur Juhana, Senin (8/6/2020).

Walaupun sudah ada ketetapan AKB (adaptasi kebiasaan baru), namun sejumlah kesiapan harus dilakukan supaya sekolah tidak menjadi klaster baru kasus covid-19.

Jika hanya melihat aspek kesiapan, seperti melakukan sosial distancing, penerapan protokol kesehatan, sampai memastikan semua unsur baik siswa maupun tenaga pendidik bebas covid-19 sebelum belajar di sekolah dimulai, mudah untuk dilakukan.

Tenaga pendidik maupun petugas administrasi juga tenaga tenaga pendukung sekolah lainnya, bisa dilakukan tes kesehatan atau melakukan isolasi mandiri sebelum masuk sekolah.

"Tapi tidak hanya melihat itu, kita juga harus melihat sarana dan prasarana lain," ujarnya.

Dia menyontohkan, kerentanan bukan hanya ketika berada di sekolah. Tetapi juga saat dalam perjalanan dari rumah menuju sekolah.

"Angkutan umum yang biasa digunakan siswa ke sekolah, harus dipastikan aman juga. Angkutan sekolah memang ada, tapi jumlahnya belum memadai," katanya.

Atas dasar hal tersebut, Disdik Kabupaten Bandung belum memutuskan mulai memberlakukan belajar di sekolah.

"Kalau skema nanti saat awal belajar, sudah kami siapkan. Tinggal disempurnakan," tutupnya.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers