web analytics
  

Ini Skema Pembelajaran yang Mungkin Dilakukan Bagi Siswa Baru

Senin, 8 Juni 2020 15:28 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Ini Skema Pembelajaran yang Mungkin Dilakukan Bagi Siswa Baru, Pendidikan,PPDB,Berita Bandung,Siswa Baru,Kabupaten Bandung

Ilustrasi (Ayobekasi.net/Firda)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Siswa permulaan atau baru menjadi titik penting dalam pembelajaran. Kepala Disdik Kabupaten Bandung Juhana mengatakan, secara umum pembelajaran dalam situasi seperti sekarang, mengefektifkan pembelajaran daring. Namun hal tersebut sulit dilakukan terhadap siswa permulaan, baik itu anak TK, maupun kelas 1 SD.

Siswa permulaan, membutuhkan pembelajaran secara langsung oleh guru seperti belajar membaca dan menghitung yang harus dibimbing secara ekstra.

"Siswa permulaan (baru) ini belum mengenal IT, sulit untuk belajar secara daring, harus luring," tutur Juhana, Senin (8/6/2020).

Sementara sampai sejauh ini, belum ada keputusan pemberlakuan belajar di sekolah, walaupun mulai masuk sekolah telah ditetapkan pada 13 juli.

"Untuk siswa permulaan (baru), bisa dilakukan dengan pola guru kunjung," ujarnya.

Guru kata Juhana akan mengunjungi rumah siswa atau tempat tertentu. Sehingga siswa tidak harus mendatangi sekolah. Pola ini memungkinkan dilakukan, mengingat sistem PPDB saat ini menggunakan sistem zonasi.

"Paling beberapa siswa berkumpul dalam satu tempat. Nanti guru datang," katanya.

Namun belajar dengan pola tersebut tidak bisa dilakukan setiap hari, melainkan dalam jadwal tertentu. Karena dimungkinkan ada pembatasan siswa yang hadir dalam satu tempat.

Sehingga kata Juhana, bimbingan orang tua menjadi sangat penting untuk kesuksesan belajar siswa. "Orang tua harus turut membimbing. Guru memberi dasar, dilanjutan bimbingan orang tua," tutupnya.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers