web analytics
  

Hadapi New Normal, Pedagang Situ Patengan Siap Pakai APD

Minggu, 7 Juni 2020 19:56 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Hadapi New Normal, Pedagang Situ Patengan Siap Pakai APD, Situ Patengan,Pedagang Situ Patengan

Situ Patengan (Mildan Abdalloh)

RANCABALI, AYOBANDUNG.COM -- Pedagang di objek wisata Situ Patengan masih menunggu kejelasan dibukanya kembali aktivitas wisata oleh pemerintah.

Hendra Gunawan (30) salah seorang pedagang mengatakan sudah hampir tiga bulan dia bersama ratusan pedagang lainnya kehilangan pendapatan karena aktivitas wisata ditutup menyusul pandemi covid-19.

"Harapannya segera dibuka. Sudah tiga bulan tidak ada pendapatan. Kemarin katanya mau dibuka, tapi tidak jadi. Informasinya masih simpang siur, katanya 12 Juni, terus 14 Juni," ujar Hendra, Minggu (7/6/2020).

Kepastian mulai dibuka kembali aktivitas pariwisata sangat ditunggu oleh pedagang terlebih kata Hendra, walaupun terdampak covid-19, namun perhatian dari pemerintah nyaris tidak ada. Tidak sedikit pedagang yang tidak mendapat bantuan.

"Pedagang mah tidak dapat bantuan. Kalau tukang perahu, ada bantuan sembako dari BKSDA,' ungkapnya.

Jika aktivitas pariwisata dibuka, pedagang akan kembali bisa menyambung hidup. Walupun kata Hendra, ketakutan tetap penyebaran virus, namun kebutuhan mendesak.

"Kalau buka pasti pakai APD. Masker sama pelindung wajah, kita juga tidak tahu kan pengunjung itu sehat atau bawa virus. Jadi untuk keamanan," ujarnya.

Selain untuk keamanan diri sendiri kata Hendra, mengenakan APD juga bisa membuat pengunjung merasa nyaman dan aman.

"Kalau pengunjung merasa aman dan nyaman, dampaknya kepada kami juga," tutupnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers