web analytics
  

Jadi Ketum Gerindra, Prabowo Belum Isyaratkan Nyapres 2024

Minggu, 7 Juni 2020 15:23 WIB

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kiri) berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) dan Mensesneg Pratikno sebelum sesi foto bersama Kabinet Indonesia Maju di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra menunjuk Prabowo Subianto menjadi ketua umum. Setelah itu, Prabowo diisukan kembali melaju dalam pilpres 2024.

Juru Bicara Prabowo Subianto Dahnil Anhar Simanjuntak mengatakan bahwa sebenarnya isu yang menerpa Menteri Pertahanan Kabinet Indonesia Maju itu tak pernah didengungkan.

"Beliau tidak pernah bicara masalah capres 2024," ujarnya saat dikonfirmasi Republika.co.id, Minggu (7/6/2020).

Dahnil mengatakan, Prabowo Subianto saat ini masih fokus mengerjakan tugasnya di Kementerian Pertahanan. Sehingga, tugas yang diemban Prabowo itu terlaksana dengan maksimal.

"Beliau hanya fokus memastikan tugas-tugas beliau di Kementerian pertahanan yang diamanahkan Presiden bisa berjalan dengan baik, itu saja," jelas Dahnil.

Dahnil juga mengatakan, selama menjabat sebagai Menhan, Prabowo tak pernah berbicara soal kontestasi Pemilu Presiden tahun 2024. Prabowo disebut sama sekali tak bicara soal kans dirinya maju, maupun calon-calon potensial lainnya. "Tidak dan belum pernah," ujar Eks Dahnil menegaskan.

Terpisah, Gerindra juga mengeklaim belum ada pembahasan soal capres 2024. "Belum ada pembicaraan soal capres," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad saat dihubungi Republika.co.id, Minggu (7/6/2020).

Dasco yang juga menjadi satu dari lima juru bicara resmi Gerindra mengatakan, rapimnas pada Jumat lalu tersebut lebih pada membicarakan target-target Gerindra sebagai parpol dalam gelaran pemilu yang akan datang.

"Iya itu kan rapimnas untuk internal," ujar Wakil Ketua DPR RI Koordinator Ekonomi dan Keuangan tersebut.

Sebelumnya, dalam rapimnas yang digelar secara virtual, 34 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) menyatakan keinginannya agar Prabowo Subianto kembali menjadi ketua umum partai.

"34 daerah yang membawa aspirasi seluruh DPC di Indonesia meminta kembali Prabowo Subianto menjadi Ketum Gerindra 2020-2025," ujar Dasco.

Prabowo dinilai sebagai sosok yang masih diperlukan untuk memimpin partai berlambang Garuda itu. Apalagi jasanya terhadap Partai Gerindra terbukti dalam pemilihan umum sebelumnya.

"Gerindra masih butuh perekat, masih butuh figur yang dapat jadi pengayom, dan masih butuh figur pejuang yang memimpin perjuangan Gerindra ke depan," ujar Dasco.           

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus
dewanpers