web analytics
  

New Normal Arab Saudi, 39 Masjid Kembali Ditutup

Minggu, 7 Juni 2020 12:15 WIB
Umum - Internasional, New Normal Arab Saudi, 39 Masjid Kembali Ditutup, masjid di arab,rumah ibadah dibuka,new normal arab saudi,covid-19 arab saudi,corona arab saudi

ilustrasi -- sterilisasi masjid dengan penyemprotan disinfektan. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

RIYADH, AYOBANDUNG.COM -- Sedikitnya 39 masjid yang baru dibuka Pemerintah Arab Saudi kembali ditutup lantaran terjadi peningkatan kasus Covid-19.

Dilansir dari Gulf News, seperti disiarkan Ihram.co.id, Minggu (7/6/2020), Kementerian Urusan Islam mengambil keputusan penutupan masjid sebagai bagian dari langkah-langkah memperketat kembali pengekangan penyebaran virus. Masjid-masjid pun, kembali disterilkan.

Minggu lalu, Arab Saudi memutuskan membuka kembali masjid -masjid kecuali di Makkah. Hal ini dilakukan sejalan dengan rencana new normal yang dilakukan secara bertahap.

Pihak berwenang telah melakukan sederet tindakan pencegahan untuk melakukan salat jamaah di masjid-masjid. Termasuk membuka masjid 15 menit sebelum azan dan menutupnya 10 menit setelah salat selesai dengan interval antara azan dan dimulainya salat dipersingkat menjadi 10 menit.

Para jamaah juga diberikan jarak dua meter. Serta anak-anak di bawah usia 15 tahun dilarang memasuki masjid sebagai tindakan pencegahan.

Toilet dan tempat wudhu masih ditutup serta tidak ada pembagian minum dan makanan di masjid. Demikian juga, kelas-kelas masjid dan pertemuan-pertemuan menghafal Al-qur'an ditunda.

Para jamaah harus memeriksa suhu tubuh mereka sebelum diizinkan memasuki masjid.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus
dewanpers