web analytics
  

Bogor Mulai Bolehkan Gereja Buka untuk Ibadah

Minggu, 7 Juni 2020 10:17 WIB Husnul Khatimah

ilustrasi gereja. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- gereja di Kota Bogor mulai dibuka kembali untuk beribadah di antaranya seperti Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) yang telah dibuka untuk ibadah kebaktian, Sabtu (6/6/2020).

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, pengaktifan tempat ibadah menjadi prioritas utama di Kota Bogor dengan catatan protokol kesehatan yang ketat dijalankan.

"Kemarin, saya bersyukur dan bahagia melihat bagaimana masjid-masjid itu protokol kesehatannya cukup ketat, rapi sekali, jaga jarak. Dan saya mendorong juga gereja-gereja untuk juga kembali menyelenggarakan aktivitas bersama,” ujar Bima.

Ia menambahkan, Gereja Advent ini adalah gereja pertama yang mengaktivasi protokol kesehatan.

“Saya kira ke depannya secara bertahap gereja-gereja yang lain juga akan seperti ini. Saya tadi cek mulai dari masuk, di dalam protokol kesehatannya rapi, ada jaga jarak di antara jemaat, bahkan kapasitasnya mungkin tidak sampai setengahnya,” kata Bima.

Sementara itu, Ketua Jemaat Gereja Advent Renville Tampubolon mengatakan bahwa pihaknya mengikuti protokol kesehatan bagi tempat ibadah yang tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Bogor.

“Kami hari ini gelar ibadah kebaktian dalam dua shift. Jadi, dari kapasitas sebelumnya sekitar 500 jemaat, tetapi kami hanya siapkan 64 tempat duduk untuk menjaga jarak antar jemaat. Ibadah online atau live streaming masih tetap dilangsungkan untuk mengakomodir yang beribadah di rumah,” ujar Renville.

“Protokol yang paling utama pakai masker, jaga jarak, kemudian cuci tangan sebelum masuk ke dalam gereja, tidak boleh berkerumun, sehabis ibadah langsung pulang yang biasanya kita ada makan bersama,” tambahnya.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus
dewanpers