web analytics
  

6 Bahan Alami untuk Cerahkan Ketiak Gelap, Gampang Didapatkan!

Jumat, 5 Juni 2020 13:56 WIB

[Ilustrasi] Ketiak hitam dan gelap. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Sejumlah bahan alami seperti kentang hingga kulit jeruk dipercaya bisa mencerahkan ketiak gelap dan hitam.

Kulit ketiak yang lebih gelap dapat membuat sebagian orang tidak nyaman mengenakan atasan tanpa lengan, mengenakan pakaian renang di depan umum, dan saat olahraga.

Seperti noda kulit dan perubahan warna pada bagian tubuh lainnya, ketiak yang gelap dapat menyebabkan kurangnya kepercayaan diri dan harga diri.

Ada berbagai penyebab potensial untuk ketiak menjadi lebih gelap termasuk, deodoran dan antiperspiran, iritasi saat mencukur, gesekan baju yang ketat, hingga juga masalah hormon.

Namun jangan khawatir, ada sejumlah cara alami untuk mencerahkan ketiak. Dilansir dari Healthline, berikut 6 bahan dan cara untuk cerahkan ketiak secara alami:

1. Kentang

Parut kentang, peras jus dari kentang parut, dan oleskan jus ke ketiak Anda. Setelah 10 menit, bilas ketiak Anda dengan air dingin.

2. Timun

Potong irisan mentimun tebal dan gosok irisan pada area gelap ketiak Anda. Setelah 10 menit, bilas ketiak Anda dengan air dingin.

3. Lemon

Potong irisan lemon tebal dan gosok irisan pada ketiak Anda. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin, keringkan, dan oleskan pelembap.

4. Kulit jeruk

Campurkan 1 sendok makan susu dan 1 sendok makan air mawar dengan kulit jeruk bubuk yang cukup untuk membuat pasta kental.

Gosok ketiak Anda dengan lembut dengan pasta dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Ulangi dua hingga tiga kali per minggu.

5. Kunyit

Dalam mangkuk kecil, campur 2 sendok makan jus lemon segar dengan kunyit secukupnya untuk membuat pasta. Oleskan pasta secara merata ke ketiak Anda. Setelah 30 menit, bersihkan pasta.

6. Minyak telur

Tepat sebelum tidur, pijatkan minyak telur ke ketiak Anda. Pagi berikutnya, cucilah ketiak Anda dengan sabun atau tubuh yang seimbang pH.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers