web analytics
  

Pelatih Persib Harap-Harap Cemas Menantikan Nasib Liga

Kamis, 4 Juni 2020 19:19 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts. (Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pelatih Persib Bandung Robert Alberts tengah harap-harap cemas menantikan keputusan akhir untuk nasib Liga 1 2020. Sampai saat ini, PSSI belum menentukan nasib kompetisi usai ditangguhkan sementara imbas pandemi Covid-19.

Sebelumnya, dalam surat edaran pada 27 Maret lalu, induk sepak bola Tanah Air itu menyebut nasib Liga 1 akan diputuskan pada 29 Mei. Namun penentuan itu molor lantaran federasi, klub, maupun operator kompetisi masih menimbang-nimbang solusi terbaik untuk kelanjutan Liga 12020.

AYO BACA : Masuki New Normal, Pelatih Persib Heran Banyak Klub Minta Liga Disetop

Berdasarkan informasi yang diperoleh, pelatih asal Belanda itu menyampaikan, rapat penentuan nasib akhir kelanjutan Liga musim 2020 akan digelar oleh Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Sabtu (13/6/2020).

"Tentang Liga, belum ada keputusan tanggal 29 Mei kemarin dari PSSI. Alasannya adalah informasi belum lengkap dan belum ada presiden LIB yang baru. Informasi yang kita dapatkan saat ini adalah 13 Juni akan ada meeting lagi dan saya harap kita akan mendapatkan jawaban yang pasti tentang Liga," kata Robert di akun YouTube pribadinya, Kamis (4/6/2020).

AYO BACA : Robert Alberts Keberatan Liga 1 2020 Diganti Turnamen

Di sisi lain, Robert menyampaikan, timnya masih akan menjalani latihan mandiri hingga masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PBB) di Kota Bandung selesai pada 12 Juni. Bila memungkinkan dan kasus Covid-19 di Bandung telah teratasi, Robert memastikan, akan kembali menggelar latihan tim di lapangan.

Robert sadar betul, skuat Pangeran Biru sudah sangat merindunya lapangan hijau setelah lebih dari dua bulan lamanya menjalani latihan mandiri. Namun untuk saat ini, tim Persib akan tetap menunggu keputusan akhir PSSI sebelum mengambil keputusan untuk kembali mengumpulkan tim.

"Di waktu yang sama juga, PSBB di Bandung diperpanjang sampai 12 Juni. Artinya kita belum bisa latihan bareng dulu. Kita saat ini masih menunggu kedua tanggal tersebut, 12 dan 13 Juni dan setelah itu kita bisa membuat kepastian," katanya.

Kendati demikian, pelatih berusia 65 tahun itu berharap PSSI bisa menghasilkan keputusan terbaik untuk nasib kompetisi musim ini. Secara pribadi, Robert menyarankan, idealnya kompetisi bisa kembali bergulir pada Agustus 2020 dan berakhir pada April atau Mei 2021. Hal ini sesuai dengan kalender Liga Eropa.

"Harapan kita masih sama yaitu kita bisa latihan ulang di bulan Juni. Dan pramusim dimulai bulan Juli dan kita masih percaya Liganya dimulai di bulan Aguatus. Jadi jadwalnya bisa sama dengan Liga Eropa dan Liga bisa selesai tahun depan bulan april atau Mei," ujarnya.

AYO BACA : Ini Opsi Ideal dari Persib Bandung untuk Kelanjutan Nasib Liga

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers