web analytics
  

New Normal di Sepak Bola, PSSI Diminta Tiru Gaya Negara Ini

Kamis, 4 Juni 2020 13:08 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Pelatih Persib Bandung Robert Albert (kiri). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Seiring dengan penerapan new normal yang mulai dilakukan sejumlah negara, beberapa kompetisi di kawasan Asia mulai kembali bergeliat.

Terdekat, federasi sepak bola Vietnam bakal kembali menggulirkan Liga Vietnam pada 5 Juni 2020. Federasi Vietnam rencananya bakal menggulirkan kompetisi dengan format berbeda. 

Andai sepak bola Indonesia menerapkan skenario yang sama, pelatih Persib Bandung Robert Alberts mengatakan PSSI harus meniru gaya Federasi Sepak bola Vietnam dalam memperhatikan sejumlah poin penting saat hendak menggulirkan kompetisi di tengah pandemi.

AYO BACA : PSSI Beri Lampu Hijau Liga 1 Berlanjut, Persib Sambut Positif

"Kami seharusnya mengacu pada negara yang lokasinya di dekat kami, seperti Vietnam dan Korea Selatan. Mereka juga sudah memulai kembali liganya. Beberapa negara Asia juga sudah mulai bersiap (memulai liga). Jadi kami tidak perlu banyak memperhatikan negara Eropa," kata Robert melalui sambungan telepon, Kamis (4/6/2020).
Pelatih asal Belanda itu mengakui, cukup memuji perkembangan sepak bola Vietnam yang mulai menunjukkan kemajuan. Termasuk dalam mengambil sejumlah keputusan untuk menggelar kompetisi di tengah pandemi virus corona. 

Kendati demikian, Robert menyadari, situasi penularan dan penyebaran Covid-19 di tiap negara berbeda. Karenanya, PSSI, kata Robert  harus tetap berpatokan pada situasi terkini yang terjadi di Indonesia.

AYO BACA : Umuh Sambut Positif Lampu Hijau PSSI Soal Kelanjutan Nasib Liga 1

"Menarik untuk mengetahui bagaimana Vietnam yang berada di pool yang sama dengan kami (indonesia). Mereka sudah memulai liga dan pelatih timnas sudah meminta pada semua pelatih di klub Vietnam untuk memberi prioritas kepada striker lokal, dan juga memberi prioritas untuk pemain muda yang bisa muncul," kata Robert.

Di sisi lain, dalam penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini, Robert menyadari akan ada banyak perubahan yang terjadi di kompetisi. Termasuk langkah klub yang harus ekstra ketat dalam menjaga kesehatan dan keselamatan para pemain ketika kompetisi bergulir di tengah pandemi.

"Selain itu bagaimana memberi suplemen kesehatan kepada pemain agar lebih kuat. Meski diet sudah direkomendasikan oleh pelatih timnas," ujarnya.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/I5kNVtSLPWk" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

AYO BACA : Pelatih Persib Siap Terima Segala Keputusan Terkait Nasib Liga

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers