web analytics
  

5 Tips Ampuh biar Baterai HP Tak Boros!

Sabtu, 6 Juni 2020 13:00 WIB

[Ilustrasi] 5 tips ampuh menghemat baterai ponsel. (Dok. Ayobandung.com)

Ada sejumlah hal yang menguras baterai ponsel.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Saat pandemi Covid-19, banyak orang semakin sering memakai ponselnya. Akibatnya, baterai ponsel cepat habis.

Agar baterai ponsel tak cepat habis, cobalah 5 tips yang dilansir The Indian Express berikut:

1. Matikan fitur lokasi GPS

Fitur ini sangat boros memakai daya baterai. Akan tetapi, sejumlah aplikasi memerlukan fitur GPS untuk bisa beroperasi. Untuk itu, cara terbaik adalah hanya menghidupkannya ketika dibutuhkan. Misalnya, ketika butuh petunjuk jalan atau ketika memesan makanan lewat aplikasi jasa transportasi.

 2. Hidupkan fitur Mode Gelap (Dark Mode)

Kini hampir semua ponsel Android memiliki fitur Dark Mode. Terapkan juga mode Dark Mode pada aplikasi yang sudah menyediakannya.

Jika ponsel Anda memiliki layar OLED, mengaktifkan Dark Mode akan menghemat daya baterai. Sebab, panel OLED tidak membutuhkan cahaya latar karena panel ini menghasilkan warna hitam yang kaya dengan mematikan piksel individual.

3. Batasi aplikasi yang berjalan di latar belakang

Kita kerap keluar dari aplikasi hanya dengan mengetuk tombol beranda. Padahal, cara itu akan membuat aplikasi tetap berjalan di latar belakang.

Jika ingin menghemat daya, maka keluarlah dari aplikasi dengan cara yang benar. Anda juga bisa menghapus aplikasi yang berjalan itu di bagian item terbaru.

Cara lainnya adalah dengan mengganti pengaturan daya baterai. Cukup buka menu pengaturan, pilih Aplikasi, lalu pilih salah satu aplikasi. Selanjutnya, pilih Baterai dan ambil pilihan "Jangan Jalankan di Latar Belakang".

4. Hapus aplikasi pengisap daya baterai

Sejumlah aplikasi punya bug dan masalah lain sehingga tidak berfungsi normal yang pada akhirnya menguras daya baterai. Oleh karena itu, Anda perlu memantau penggunaan daya baterai oleh setiap aplikasi di bagian menu pengaturan. Jika ditemukan aplikasi yang menggunakan daya secara tak wajar, sebaiknya dihapus saja.

5. Beralih ke aplikasi Lite ataupun ke antarmuka berbasis web

Aplikasi versi Lite atau ringan tersedia di Play Store seperti Facebook Lite, Messenger Lite, dan lain-lain. Aplikasi lain juga menawarkan pengalaman lite melalui browser web.

Perusahaan penyedia aplikasi melakukan hal ini untuk membantu ponsel dengan fitur terbatas agar tetap bisa mengakses aplikasi mereka. Namun, Anda dapat menggunakan antarmuka berbasis web atau versi Lite ini untuk menghemat masa pakai baterai.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers