web analytics
  

Pelatih Persib Ingin Hilangkan Keraguan Jika Liga 1 Bergeliat Lagi

Jumat, 5 Juni 2020 15:03 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Pelatih Persib Ingin Hilangkan Keraguan Jika Liga 1 Bergeliat Lagi, robert alberts, liga 1, berita persib, persib,

Pelatih Persib Bandung Robert Alberts (kanan) bersama Kapten Persib Bandung Supardi. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Banyak keraguan yang muncul seiring rencana Liga 1 2020 bergulir saat pandemi. Hal ini lantaran kasus Covid-19 di Indonesia masih belum menunjukkan adanya penurunan.

Namun jika berkaca pada sejumlah negara, event olahraga mulai bergeliat di tengah langkah pemerintah setempat mengendalikan angka penyebaran virus.

Kesuksesan itu terlihat dari sepak bola Eropa yang mulai bangkit setelah sempat dihentikan akibat virus corona. Namun, memang, adanya geliat sepak bola di dataran Eropa masih dengan menerapkan skema New Normal.

Pelatih Persib Bandung Robert Alberts menyebut, Indonesia, sedianya, bisa mengambil langkah selaras dengan negara-negara di Eropa. Apalagi di Benua Biru itu, kembali bergeliat kegiatan sepak bola mendapat sambutan yang positif.

Robert menyadari, selama situasi itu, kompetisi di dataran Eropa tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Robert menilai, skenario yang sama bisa diterapkan di Indonesia agar membuat liga kembali berjalan di tengah pandemk.

"Perlu diketahui di Eropa misalnya mereka memulai ulang dan mendapatkan feedback positif, suporter bisa nonton lewat TV, para pemain mulai aktif kembali sponsor bisa menghasilkan lagi, dan semua orang bisa kembali terlibat dalam pertandingan lagi," kata Robert.

Berdasarkan riset terakhir yang diperoleh Robert, para ilmuwan mendapatkan informasi bahwa karakter dan persentase penularan Covid-19 lebih kecil menjangkiti manusia saat beraktivitas di area luar ruangan.

"Banyak riset telah dilakukan dan ditemukan bahwa virus dapat berpindah saat kalian indoor atau saat kalian berpapasan dekat atau face to face dengan orang lain. Tapi saat outdoor seperti sepak bola hanya ada kemungkinan kecil virus berpindah, itu adalah informasi dari riset terakhir," katanya.

Karenanya, Robert berharap latihan tim asuhannya bisa digelar Juni setelah ada keputusan Exco PSSI maupun PSBB di Bandung. Kemudian, pada Juli Persib memulai pramusim, dan liga dimulai pada Agustus atau sesuai keputusan PSSI.

Robert mengajak semua pihak membantu memerangi pandemi ini. Dia berharap pandemi global segera berakhir.

"Kita semua berharap Liga dimulai lagi. Tapi tetap dengan stadion tanpa penonton. Tentu saja itu sangat penting karena kita harus mengikuti aturan dari menteri kesehatan, kita butuh social distancing, kita butuhkan kebersihan, kita harus hentikan penyebaran virus, mari bantu menendang virus ini keluar dari dunia kita," ujarnya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers