web analytics
  

PSSI Diminta Wajibkan Klub Turunkan Pemain Muda

Jumat, 5 Juni 2020 08:01 WIB

Bambang Nurdiansyah

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) mendorong Pssi mewajibkan seluruh klub untuk menurunkan pemain-pemain berusia di bawah 20 tahun (U-20). Dorongan ini mesti dilakujan pada lanjutan Liga 1 dan 2 musim 2020.

"Kalau memang orientasi ke Piala Dunia U-20, maka andai liga dilanjutkan, setiap tim di Liga 1 wajib menurunkan pemain U-20. Sementara di Liga 2, pemain U-20 harus dioptimalkan dan jika memungkinkan berlaga penuh. Kami telah membicarakan ini dengan Pssi," ujar anggota Komite Eksekutif (Exco) APSSI Bambang Nurdiansyah dalam konferensi pers jarak jauh yang diikuti di Jakarta, Kamis (5/6/2020).

Menurut Bambang, APSSI hal itu penting karena tim nasional U-20 Indonesia akan tampil di Piala Dunia U-20 yang berlangsung tahun 2021 di Tanah Air.

Dengan semakin banyaknya waktu bermain, pesepak bola U-20 dapat meningkatkan kemampuan dan pengalamannya. Pssi pun semakin dimudahkan dalam mencari pemain untuk memperkuat tim nasional di Piala Dunia U-20.

"Kami juga mengusulkan, kalau ada pergantian pemain, yang masuk ke lapangan sebagai pemain pengganti juga pemain muda. Kami sudah mendorong itu ke Pssi," tutur pelatih berlisensi AFC Pro itu.

Pssi akan menggelar rapat komite eksekutif (Exco) untuk membuat keputusan akhir soal kelanjutan liga termasuk teknis dan penjadwalan. Namun, hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi resmi mengenai kapan rapat itu dilaksanakan.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers