web analytics
  

Terpaksa Bawa Anak ke Kantor Saat New Normal? Perhatikan Hal Ini

Jumat, 5 Juni 2020 07:45 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Terpaksa Bawa Anak ke Kantor Saat New Normal? Perhatikan Hal Ini, Tips anak, tips orang tua, dampak corona

Ilustrasi anak-anak. (dok. Ayobandung.com)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Adaptasi kehidupan baru (AKB) atau new normal tengah dipersiapkan dengan membuka kembali aktivitas perkantoran dan pusat perbelanjaan. Bagi ibu bekerja yang masih memiliki anak-anak, mungkin hal itu perlu dipersiapkan jika nantinya harus kembali bekerja dari kantor.

Sebagian perkantoran mungkin ada yang mengizinkan karyawan membawa anaknya ke tempat kerja. Tetapi itu bukan hal mudah dilakukan dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Spesialis anak dr. Lucia N. Simbolon, MSc., Sp.A menyarankan, sebaiknya lihat dulu situasi kantor jika akan membawa serta anak ke tempat kerja.

"Kita lihat kantor crowded atau nggak. Memungkinkan nggak, ibu bawa anaknya ke kantor. Kalaupun memungkinkan, anaknya gimana makannya. Dengan gencarnya corona, harus jaga imunitas, misalnya jangan lupa minum air putih, (tempat) istirahat siang ada nggak. Kemudian makannya jadi lebih steril nggak, karena kan di kantor tempat orang hilir mudik," papar Lucia saat dihubungi Suara.com, Kamis (4/6/2020).

Alat transportasi yang digunakan juga harus jadi pertimbangan. Jika ibu menggunakan transportasi umum, berpotensi anak berada di kerumunan yang rentan keberadaan virus.

"Jadi poin-poin risiko harus ditimbang-timbang, bukan seperti hitungan matematika. Mungkin sebaiknya baca situasi terlebih dahulu," sarannya.

Menurut Lucia, membawa anak ke kantor sebenarnya lebih berisiko membuatnya mudah terinfeksi virus corona dari orang dewasa.

"Sebenarnya agak lebih berisiko. Karena anak jangan mobile, yang mobile orang dewasa saja," ucapnya.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/VM5OB0ddzM4" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers