web analytics
  
Banner Kemerdekaan

7 Manfaat Rutin Makan Mentimun Tiap Hari bagi Kesehatan

Kamis, 4 Juni 2020 13:57 WIB M. Naufal Hafizh

Mentimun. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Mentimun mengandung kaya akan vitamin, kandungan air yang tinggi, dan mineral seperti kalium, magnesium, seng, fosfor, zat besi, serta kalsium.

Dilansir dari Boldsky, mentimun yang dikonsumsi setiap hari bisa mengeluarkan racun dalam tubuh.

Selain itu, berikut manfaat lain mentimun bagi kesehatan.

1. Melarutkan batu saluran kemih

Sebagai gudang vitamin dan mineral, timun membantu menjaga kesehatan ginjal dan kondisi kandung kemih. Buah berbentuk silinder ini merupakan obat alami untuk membersihkan ginjal, membersihkan puing-puing, dan melarutkan batu ginjal.

2. Menyembuhkan tukak lambung

Alkalinitas dan sifat mendinginkan yang dimiliki timun dapat mengatasi tukak lambung. Dua gelas jus timun yang dikonsumsi tiap hari dapat menyembuhkan penyakit ini.

3. Meredakan sakit kepala

Vitamin B dalam buah yang kaya air beserta elektrolitnya ini bermanfaat untuk mengusir sakit kepala.

4. Mencegah kanker

Timun bisa melawan kanker karena memiliki polifenol yang disebut lignan. Dengan mengonsumsinya secara rutin, kamu bisa terhindar dari kanker payudara, rahim, atau prostat.

5. Mengatur tekanan darah

Tekanan darah, baik tinggi atau rendah, akan terkendali menjadi normal jika kamu suka makan timun. Manfaat itu bisa kamu rasakan karena timun dipenuhi serat, kalium, dan magnesium.

6. Menghidrasi tubuh

Sebanyak 95% kandungan timun adalah air. Tak cuma meredakan rasa lapar, di siang hari yang sangat panas, timun akan menghidrasi dan menyegarkan tubuhmu.

7. Menyehatkan kulit

Beberapa produk kosmetik dan perawatan kulit yang tersedia di pasaran mengklaim mengandung manfaat timun. Pasalnya, magnesium, potasium, dan silikon adalah mineral ramah kulit yang membantu menjaga kulit sehat bercahaya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers