web analytics
  

Wagub Uu Minta Pengelola Mal Bentuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19

Kamis, 4 Juni 2020 07:15 WIB Erika Lia
Umum - Regional, Wagub Uu Minta Pengelola Mal Bentuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19, berita cirebon, cirebon hariP ini, ayocirebon, UU Ruzhanul Ulum

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat meninjau penerapan protokol kesehatan di Grage Mall Cirebon, Rabu (3/6/2020). (Ayocirebon.com/Erika Lia)

CIREBON, AYOBANDUNG.COM -- Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum meminta pengelola objek wisata maupun pusat belanja untuk membentuk gugus tugas penanganan Covid-19. 

Dalam kunjungannya ke salah satu mal di Kota Cirebon, Uu juga meminta pihak pengelola mal untuk membuat surat pernyataan berisi kesanggupan melaksanakan protokol kesehatan.

Dia mengingatkan, pada pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap kedua Jabar kini terdapat konsep baru yang berusaha diterapkan pihaknya berupa adaptasi kebiasaan baru (AKB).

"Kami meminta pengelola mal membuat gugus tugas penanganan Covid-19," katanya kala mendatangi Grage Mall Cirebon dalam rangka monitoring pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di pusat perbelanjaan untuk kesopanan AKB, Rabu (3/6/2020).

Dia meyakinkan, dalam penerapan AKB, tempat ibadah dan pusat belanja diizinkan beroperasi, dengan syarat menerapkan protokol kesehatan. Namun begitu, tak semua wahana diizinkan buka. Arena hiburan, seperti tempat bermain dan bioskop, masih harus tutup.

Pengelola mal pada bagian fesyen dan kafetaria harus memberlakukan kewajiban penggunaan sarung tangan karet bagi pengunjungnya. "Karena di tempat-tempat itu akan banyak yang memegang barang yang dijual," ujarnya.

Dia memastikan, kewajiban-kewajiban itu sesuai arahan Gubernur Jabar. Bila tak keberatan, pihak pengelola mal bisa menjual sarung tangan karet.

Grage Mall dinilai Uu telah 90% menjalankan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker, penyediaan hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh, dan menjaga jarak.

Corporate Secretary Grage Group, Ratu Sukmayani mengklaim, sudah menjalankan semua protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Seluruh penyewa di mal sudah buka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Yang masih tutup hanya bioskop dan sarana hiburan. Jam buka mal pun sesuai imbauan Pemkot Cirebon, pukul 09.30 WIB sampai 21.00 WIB," bebernya.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/bLciQVkozuc" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers